5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas Indonesia

5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas
5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas

Pulau Bali merupakan destinasi wisata yang di kenal oleh kebanyakan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun sebenarnya, Indonesia memiliki 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang juga tak kalah indah dan menarik yang patut kita promosikan kepada seluruh wisatawan di mancanegara.

Tepatnya pada 2015, pemerintah mencetuskan pengembangan pariwisata 10 (sepuluh) destinasi wisata prioritas Indonesia di luar Bali.

10 destinasi wisata prioritas Indonesia tersebut antara lain Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di NTB, Labuan Bajo di NTT, Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Kepulauan Seribu di Jakarta, Danau Toba di Sumatera Utara, Wakatobi di Sulawesi Utara, Tanjung Lesung di Banten, Morotai di Maluku Utara, dan Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung.

 

Baca juga: Wisata Kampung Budaya Yang Layak Dikunjungi Saat Akhir Pekan

 

Perwujudan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional

Pengembangan destinasi wisata prioritas Indonesia merupakan bentuk perwujudan rencana induk pembangunan kepariwisataan nasional tahun 2010-2025 yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2011.

PP inilah yang menjadi dasar dalam pembangunan pariwisata guna meningkatkan kualitas dan kuantitas destinasi dan mewujudkan industri pariwisata yang mampu menjadi penggerak ekonomi nasional.

 

Dari 10 Menjadi 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas Indonesia

Mengutip dari laman Kemenparekraf/Baparekraf dalam rapat terbatas Presiden Jokowi mengatakan bahwa tren kenaikan kunjungan wisman ke Indonesia harus menjadi momentum untuk memperkuat pariwisata dan mendatangkan lebih banyak lagi.

Arahan Presiden, pemerintah perlu fokus melakukan pembangunan dan revitalisasi pada beberapa destinasi wisata pilihan untuk memperkuat pariwisata Indonesia.

Seiring waktu berjalan pemerintah lebih memfokuskan kembali pembangunan destinasi wisata prioritas Indonesia yang semula 10, menjadi 5 destinasi super prioritas.

 

“Sektor pariwisata harus menjadi motor bagi peningkatan devisa, menciptakan multiplier effect yang mendorong pertumbuhan ekonomi kita,” -Presiden Joko Widodo-

 

Destinasi super prioritas tersebut antara lain Borobudur – Yogyakarta – Prambanan (BYP), Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan yang terakhir Likupang. Tiap destinasi tersebut memiliki pesona dan keunikannya masing-masing.

 

1. Borobudur-Yogyakarta-Prambanan (BYP)

Candi Borobudur di Jawa Tengah merupakan candi terbesar di dunia. Ternyata di balik kemegahan Candi Borobudur, para wisatawan juga dapat melihat panorama pegunungan yang akan membuat takjub.

Destinasi super prioritas Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah, kurang lebih 40 kilometer di sebelah barat laut Yogyakarta.

Saat ini, Borobudur telah dinobatkan UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Setiap Hari Raya Waisak, kawasan Borobudur senantiasa dikunjungi oleh para peziarah keagamaan untuk memperingati hari suci tersebut.

 

Candi Borobudur
Candi Borobudur (Foto: https://www.freepik.com)

 

2. Danau Toba

Danau Toba di Sumatera Utara merupakan danau terbesar di Asia Tenggara, dan nomor 2 terbesar di dunia. Di sekitar Danau Toba juga terdapat objek wisata air terjun tertinggi di Indonesia, yaitu air terjun Sipiso-piso.

Jangan lupa untuk mencoba pengalaman baru yang pastinya seru seperti berkayak di tengah danau atau merasakan keseruan berkemah mewah alias glamping di salah satu sisi danaunya.

Selain pengalaman seru berkayak dan glamping, kita juga dapat menikmati kuliner khas unik di Danau Toba antara lain naniura, sajian berupa ikan yang dimasak tanpa api ini sering juga disebut sebagai ‘sashimi’ ala Batak. Duh, jadi penasaran mencobanya bukan?

 

Danau Toba (Foto: http://disbudpar.sumutprov.go.id)
Danau Toba (Foto: http://disbudpar.sumutprov.go.id)

 

3. Mandalika

Mandalika di Nusa Tenggara Barat memiliki keunikan pesona alam yang sangat luar biasa. Konon katanya kita dapat menikmati surga tersembunyi di Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya di Mandalika.

Selain pesona alamnya, destinasi super prioritas Mandalika kelak dikembangkan untuk wisata olahraga (sports tourism). Pemerintah berupaya agar sejumlah agenda olahraga kelas dunia dapat berlangsung di masa mendatang, seperti Moto GP.

Para wisatawan pun dapat menikmati kuliner khas lezat seperti ayam taliwang yang memiliki perpaduan rasa manis, pedas sekaligus gurih. Hemmmm…

 

Sirkuit Mandalika (Foto: Langit7.id/iStock)
Sirkuit Mandalika (Foto: Langit7.id/iStock)

 

4. Labuan Bajo

Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur bak surga bawah laut yang tiada tandingnya. Destinasi pariwisata ini memiliki fasilitas snorkeling dan diving yang dapat dinikmati laksana surga bawah laut dengan melihat berbagai biota laut yang sangat memukau.

Bukan hanya terkenal dengan wisata komodo di Pulau Komodo. Tak kalah dengan destinasi super prioritas lainnya, Labuan Bajo juga punya memiliki keunikan seperti di Pulau Rinca, Pulau Padar, maupun Gili Lawa. Agar momen tidak terlupakan jangan lupa posting di sosial media kalian.

 

Labuan Bajo (Foto: https://unsplash.com/Fifani Cahyadi)
Labuan Bajo (Foto: https://unsplash.com/Fifani Cahyadi)

 

5. Likupang

Likupang yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Likupang juga sedang naik daun nih bagi para pencinta pesona alam Tanah Air.

Jaraknya yang tak terlalu jauh dari ibu kota Sulawesi Utara, Manado, turut menjadikan Likupang sebagai destinasi wisata yang amat potensial. Di sana, Anda dapat menikmati sejumlah kawasan pantai eksotis nan memesona.

Buat sahabat kreatif yang hendak ke Likupang jangan lupa ya mampir ke Pantai Pulisan, Pantai Paal, dan Ekowisata Bahoi.

 

Salah satu pantai di Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.(Foto: Kementerian Pariwisata)
Salah satu pantai di Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.(Foto: Kemente

 

Sumber:

https://kemenparekraf.go.id/rumah-difabel/Mengenal-10-Destinasi-Prioritas-Pariwisata-Indonesia

https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/destinasi-wisata-super-prioritas-indonesia/78534