Pantai di Semarang yang Asyik Dikunjungi

Erisa Vindia
Pantai-Baruna. Foto: Lautku.id

Berwisata ke Semarang menjadi idaman bagi setiap orang. Disana kita bisa menemukan banyak tempat menarik mulai dari wisata alam, taman hiburan, situs bersejarah, wisata religi hingga tempat kulineran. Salah satu wisata alam di Semarang adalah pesona pantainya  yang mirip seperti Bali. Tak heran ketika akhir pekan tiba wisatawan berbondong-bondong datang ke sana. Berikut ini Pantai di Semarang yang Asyik Dikunjungi.

1. Pantai Marina

Pantai Marina menjadi primadona wisata pantai di Semarang. Namanya  cukup populer dan berhasil menarik perhatian wisatawan luar. Pesonanya  tidak usah bisa diragukan lagi. Air lautnya yang jernih, pasirnya yang putih,  jalannya menggunakan paving block memudahkan  wisatawan untuk jogging.

Pantai Marina (Foto: Instagram/evvaant)

Saat sore menjelang, wisatawan bisa melihat keindahan matahari terbenam tanpa penghalang. Kita juga bisa menggelar tikar untuk melakukan piknik yang menyenangkan. Beberapa aktivitas lainnya yang bisa dilakukan misalnya menaiki kapal, memancing, dan berfoto di spot yang indah. Pantai Marina ini terletak di Tawangsari, Kota Semarang, Untuk masuk ke Pantai Marina Semarang ini kita akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang.

2. Pantai Baruna

Rekomendasi berikutnya yaitu Pantai Baruna. Pantai ini kental akan nilai sejarah yang berhubungan dengan masa kemerdekaan Indonesia. Di Pantai Baruna ini kita akan menemukan sebuah tugu yang didirikan oleh tentara Jepang yang bernama Tugu Ketenangan Jiwa.

Tugu tersebut memiliki tiga makna yaitu sebagai simbol pertempuran pertama perjuangan lima hari berturut-turut antara tentara Jepang dengan masyarakat Semarang, kedua simbol penyesalan Jepang karena telah menjajah Indonesia, terakhir tugu yang menghadap lurus ke arah Jepang menyimbolkan tentara Jepang yang gugur agar bisa kembali dengan tenang.

Selain kental akan sejarahnya, keindahan Pantai Baruna juga patut dicoba. Pantai Baruna ini memiliki ombak yang kecil sehingga aman untuk berenang. Lokasi Pantai Baruna ini berada di Bandarharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah. Wisatawan yang ingin masuk ke Pantai Baruna ini bisa membayar tiket sebesar Rp3.000 per orang.

3. Pantai Tirang

Awalnya Pantai Tirang  terkenal akan pulaunya yang bernama Pulau Tirang. Di pulau tersebut kita bisa menemukan beragam flora dan fauna. Namun karena abrasi yang hebat pulau tersebut  lambat laut menghilang dan hanya menyisakan garis pantai yang kita dikenal dengan nama Pantai Tirang.

Pantai Tirang (Foto: Instagram/ktmh_14)

Untuk menghindari terjadinya abrasi hebat, di sekitar Pantai Tirang akhirnya mulai ditanami pohon bakau. Jika pantai lainnya memiliki pasir berwarna putih, di pantai ini pasirnya justru berwarna hitam.

Keindahan Pantai Tirang ini mulai banyak diabadikan di media sosial. Itulah sebabnya banyak wisatawan luar mulai tertarik untuk mengunjungi Pantai Tirang. Wisatawan yang ingin berlibur di Pantai Tirang bisa datang ke Desa Tambakrejo, Kota Semarang. Dengan biaya Rp5.000 wisatawan bisa menikmati semua fasilitas yang ada di Pantai Tirang ini.

 

Pantai Maron (Foto: Instagram/photosemarang)

4. Pantai Maron

Pantai ini terletak di Tugu Rejo, Kota Semarang, Jawa Tengah. Tiket masuk hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp2.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Lalu apa saja aktivitas menarik yang bisa kita lakukan? Wisatawan bisa bersantai sambil menikmati pesona pantai yang menawan. Kita juga bisa melihat sunset  atau juga mengelilingi hutan mangrove, pantai ini juga memiliki kawasan edukasi di mana kita bisa mengenal lebih jauh mengenai berbagai jenis tumbuhan dan kegunaannya.

5. Pantai Cipta

Rekomendasi pantai terakhir yang bisa kita temukan di Semarang yaitu Pantai Cipta. Dalam perjalanan menuju ke Pantai Cipta, wisatawan akan menemukan padang ilalang yang mempesona. Biasanya sebagian orang menyempatkan untuk mendapatkan jepretan menawan di sana.

Pantai-Cipta (Foto: Bosmeal)

Ada pula spot lainnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba seperti terumbu karang, kapal peti kemas, latar belakang ombak pantai, dan masih banyak lagi. Kebanyakan wisatawan datang ke sana untuk menikmati pesona pantai sambil berburu kuliner seafood yang lezat. Kita juga bisa mencoba aktivitas memancing yang banyak diminati oleh para wisatawan.

Kita bisa pergi ke Panti Cipta yang berada di Jalan Kw. Cipta III Bandarharjo  Kota Semarang, Jawa Tengah. Harga tiket masuknya yaitu sebesar Rp5.000 per orang.

Wisatawan yang ingin mengajak keluarga berlibur ke Semarang, bisa menjelajahi satu-satunya pantai yang ada di sana. Selain memiliki pesona yang memikat, harga tiket masuk ke pantai yang ada di sana juga sangat ramah di kantong.

Baca juga: 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas Indonesia

 

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *