Resep  

Yuk Cobain! Resep Tempe Bacem Ala Dapur Nenek

Resep Tempe Bacem

Ahmad Mulyadi
Resep tempe bacem
Resep tempe bacem (Foto: Pinterest.com)

Resep Tempe Bacem Ala Dapur Nenek!

Kuliner Indonesia memang tak pernah kehabisan cara untuk memikat selera. Dari berbagai penjuru nusantara, tercipta hidangan-hidangan istimewa yang begitu kaya akan rasa dan tradisi.

Salah satu di antaranya adalah tempe bacem, sebuah sajian yang telah menggoda lidah banyak orang selama bertahun-tahun.

Tempe bacem adalah varian tempe yang dimasak dengan bumbu manis dan gurih, menciptakan harmoni cita rasa yang tak terlupakan.

Melibatkan teknik khusus dalam proses pembuatannya, hidangan ini menawarkan paduan lezat antara manis gula merah, aroma harum dari bumbu-bumbu rempah, dan kegurihan tempe yang renyah.

Dalam artikel ini, mari kita jelajahi lebih dalam tentang rahasia dan kelezatan di balik tempe bacem yang nikmat. Serta, kami akan berbagi resep praktis yang memungkinkan Anda menciptakan hidangan ini di dapur sendiri dan mengundang selera keluarga Anda ke dalam petualangan kuliner yang tak terlupakan.

Baca juga:Β Resep Ayam Kecap Paling Enak

Bahan-Bahan:

  • 250 gram tempe, potong menjadi irisan tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
  • Garam secukupnya

Bahan Bumbu Bacem:

  • 100 gram gula merah, sisir halus
  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • 3 siung bawang merah, memarkan
  • 3 buah kemiri, sangrai
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Air secukupnya untuk merebus

Langkah-Langkah:

  1. Membuat Bumbu Bacem: Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat bumbu bacem. Caranya, campurkan gula merah yang telah disisir, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar bubuk, dan merica bubuk dalam mangkuk kecil. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga semua bumbu tercampur rata.
  2. Menggoreng Tempe: Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng irisan tempe hingga kecokelatan dan kering. Angkat dan tiriskan.
  3. Menyajikan Tempe Bacem: Masukkan bumbu bacem yang telah Anda buat ke dalam wajan yang sama dengan sedikit minyak. Tambahkan daun salam, serai, dan lengkuas. Tumis bumbu hingga harum.
  4. Menambahkan Tempe: Setelah bumbu harum, masukkan tempe yang telah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu.
  5. Merebus Tempe: Tambahkan air secukupnya untuk merebus tempe hingga bumbu meresap dan mengental. Aduk perlahan dan biarkan tempe bacem mendidih dengan api kecil hingga bumbu benar-benar meresap dan mengental.
  6. Pengaturan Rasa: Cicipi tempe bacem dan tambahkan garam secukupnya sesuai dengan selera Anda. Aduk hingga rata.
  7. Penyajian: Tempe bacem siap disajikan. Anda bisa menghidangkan tempe bacem ini dengan nasi putih hangat sebagai lauk utama.

Dengan mengakhiri petualangan kuliner kita dalam menyusuri kelezatan tempe bacem, kita memahami lebih dalam makna dari makanan sebagai sebagian dari warisan budaya Indonesia yang begitu kaya.

Hidangan ini mengingatkan kita akan betapa pentingnya menjaga dan merayakan keanekaragaman rasa yang telah membentuk selera dan identitas makanan kita.

Baca juga: Resep Acar Kuning Ikan Bawal

Jadi, mari kita terus menjaga kelestarian kuliner tradisional Indonesia seperti tempe bacem ini.

Bagikan resep ini kepada teman dan keluarga Anda, sebarkan budaya kuliner kita, dan teruslah mengeksplorasi berbagai hidangan lezat lainnya yang telah membentuk identitas kuliner kita yang kaya dan mengesankan. Selamat menikmati!

Referensi:Β 

https://www.masakapahariini.com/resep/cara-membuat-tempe-bacem/

https://www.bango.co.id/r/resep-tempe-tahu-bacem.html/242795

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *