Apa yang Dicari Generasi Z di Dunia Kerja?

Generasi Z, yang lahir antara tahun 1995 hingga 2012, memiliki pandangan unik tentang apa yang mereka cari dalam dunia kerja.

Untung Sudrajad
Ilustrasi Generasi Z
Ilustrasi Generasi Z (foto: pexels.com)

Apa yang Dicari Generasi Z di Dunia Kerja? Dalam era yang terus berubah dengan pesat dan perkembangan teknologi yang tak henti, Generasi ini telah muncul sebagai kekuatan baru dalam dunia kerja.

Generasi Z, yang lahir antara tahun 1995 hingga 2012, memiliki pandangan unik tentang apa yang mereka cari dalam dunia kerja.

Mereka dibedakan oleh nilai-nilai, aspirasi, dan ekspektasi yang berbeda, dan perusahaan harus memahami faktor-faktor yang sangat penting bagi Generasi ini dalam mencari pekerjaan yang memuaskan.

Dalam artikel ini, kita akan mencoba mengupas karakter Generasi ini dan apa yang mereka cari dalam dunia kerja.

Dari makna pekerjaan yang penting hingga nilai-nilai yang dianggap relevan, kita akan melihat sejauh mana perusahaan perlu menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan harapan Generasi Z.

Generasi Z, juga dikenal sebagai iGen atau Generasi Internet, adalah kelompok demografis yang lahir antara pertengahan tahun 1995 hingga awal tahun 2012.

Mereka tumbuh dewasa di era digital, di mana teknologi dan internet memainkan peran sentral dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Generasi ini memiliki ciri khas dan pengalaman yang berbeda daripada generasi sebelumnya seperti Generasi X dan Millennial.

Generasi yang paling terhubung secara digital

Mereka tumbuh dengan teknologi seperti ponsel pintar, media sosial, aplikasi, dan internet yang mudah diakses.

Mereka terbiasa dengan kemajuan teknologi dan memiliki tingkat keterampilan digital yang tinggi.

Generasi ini juga cenderung menghabiskan lebih banyak waktu dalam dunia maya, menggunakan platform media sosial dan aplikasi komunikasi untuk berinteraksi dengan rekan sebaya.

Selain itu, Generasi ini juga dikenal sebagai generasi yang menghargai inklusivitas dan keberagaman.

Generasi Z cenderung memperjuangkan keadilan sosial dan mendorong perubahan positif dalam masyarakat.

Dalam hal pendidikan dan karier, Generasi ini cenderung memiliki ambisi, kemandirian, dan kreativitas.

Mereka memiliki akses yang lebih besar ke informasi dan sumber daya melalui internet, yang memungkinkan mereka untuk belajar dan mengembangkan keterampilan secara mandiri. Generasi ini juga tertarik pada kewirausahaan dan inovasi.

Secara umum, Generasi Z dapat digambarkan sebagai kelompok yang mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan teknologi, memiliki perspektif yang inklusif dan beragam, serta memiliki ambisi dan kreativitas tinggi.

Peran mereka dalam perkembangan sosial, budaya, dan ekonomi saat ini dan masa depan sangat signifikan.

Perspektif yang memengaruhi aspirasi karir Generasi Z

Aspirasi karir Generasi Z dipengaruhi oleh berbagai pandangan yang beragam.
Berikut adalah beberapa pandangan yang berperan dalam membentuk aspirasi karir Generasi Z:

1. Pencarian Makna Hidup dan Keinginan Berdampak Positif

Generasi Z cenderung mencari pekerjaan yang memberikan makna dan dampak positif dalam kehidupan mereka.

Mereka ingin merasa bahwa pekerjaan yang mereka lakukan memiliki arti dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat atau dunia.

2. Keseimbangan Antara Kerja dan Kehidupan Pribadi

Generasi Z lebih mengutamakan keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

Mereka menghargai fleksibilitas waktu dan menginginkan lingkungan kerja yang mendukung pencapaian keseimbangan ini, seperti fleksibilitas dalam bekerja dari rumah atau jadwal kerja yang dapat disesuaikan.

3. Kewirausahaan dan Kemandirian

Generasi Z memiliki minat yang tinggi terhadap kewirausahaan dan pengembangan bisnis mereka sendiri.

Mereka cenderung memilih karir yang berfokus pada kemandirian dan kepemilikan, dengan keinginan untuk mengendalikan perkembangan karir mereka sendiri.

4. Inklusivitas dan Keanekaragaman

Pendekatan inklusifitas dan keanekaragaman merupakan nilai penting bagi Generasi Z.

Mereka mencari kesetaraan dalam peluang karir, di mana mereka dapat merasa diterima, dihargai, dan dapat berkembang tanpa adanya diskriminasi atau batasan tertentu.

5. Teknologi dan Inovasi

Sebagai generasi yang tumbuh dengan perkembangan teknologi yang pesat, Generasi Z memiliki minat dan keterampilan dalam bidang teknologi dan inovasi.

Mereka tertarik pada pekerjaan atau karir yang melibatkan pengembangan teknologi baru, aplikasi digital, atau penemuan inovatif.

6. Pembelajaran Seumur Hidup

Generasi Z sangat menyadari pentingnya pembelajaran seumur hidup.

Mereka cenderung mencari pekerjaan yang memungkinkan mereka untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan.

Mereka antusias untuk mengikuti pelatihan, kursus online, atau program pengembangan profesional yang dapat membantu mereka tumbuh dan maju dalam karir mereka.

Pandangan-pandangan ini berperan penting dalam membentuk aspirasi karir Generasi Z dan menjadi faktor yang berpengaruh dalam memilih jalur karir yang sesuai dengan nilai dan minat mereka.

Bagaimana Generasi Z Meraih Aspirasi Karir Mereka?

Untuk mencapai aspirasi karir mereka, Generasi Z dapat mengambil beberapa langkah strategis seperti berikut ini:

1. Menekankan pada Pendidikan dan Pengembangan Keahlian

Generasi Z sebaiknya fokus pada pendidikan yang relevan dengan bidang karir yang diminati.

Mereka dapat mengejar gelar atau sertifikasi yang dapat meningkatkan keterampilan yang diperlukan dalam industri yang mereka inginkan.

Selain itu, kursus online, pelatihan, atau program pengembangan profesional juga dapat membantu mereka memperluas wawasan dan keahlian mereka.

2. Membangun Jaringan dan Memiliki Mentor

Membangun jaringan profesional yang kuat sangat penting bagi Generasi Z.

Mereka dapat menghadiri acara industri, seminar, atau konferensi untuk bertemu dengan para profesional yang aktif di bidang yang diminati.

Selain itu, mencari mentor yang berpengalaman dalam bidang karir yang diminati akan memberikan bimbingan dan nasihat berharga dalam menjalankan karir mereka.

3. Mengikuti Praktek Kerja dan Magang

Generasi Z dapat mencari kesempatan untuk melakukan praktek kerja atau magang di perusahaan atau organisasi yang relevan dengan bidang karir yang mereka minati.

Ini akan memberikan pengalaman praktis dalam pekerjaan dan membantu memperluas jaringan profesional mereka.

Selama periode praktek kerja atau magang, mereka dapat belajar dari pengalaman nyata dan membangun portofolio kerja yang kuat.

4. Memanfaatkan Teknologi

Generasi Z memiliki keunggulan dalam memanfaatkan teknologi untuk mencapai aspirasi karir mereka.

Contohnya, mereka dapat memanfaatkan media sosial profesional untuk membangun kehadiran online mereka, atau bahkan menciptakan konten atau produk digital yang relevan dengan bidang yang diminati.

Teknologi juga dapat membantu mereka untuk terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan perkembangan industri.

Baca juga: 3 Faktor Kenapa Lagu Dewa 19 Banyak Digemari Oleh Milenial dan Gen Z

5. Berani Mengambil Risiko

Generasi Z perlu memiliki sikap yang berani dalam mengambil risiko dan menjelajahi peluang baru.

Misalnya, mereka dapat mencoba proyek-proyek yang menantang, mengambil tanggung jawab tambahan, atau bahkan mempertimbangkan untuk menjadi wiraswasta jika memungkinkan.

Kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dan mengambil risiko dapat membuka pintu-pintu menuju kesempatan karir yang lebih besar.

6. Menjaga Keseimbangan Antar Hidup dan Pekerjaan

Generasi Z juga perlu menyadari pentingnya menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi mereka.

Mereka dapat mencari lingkungan kerja yang menawarkan fleksibilitas waktu, menyeimbangkan antara bekerja dan beristirahat dengan baik, serta memberikan dukungan untuk pengembangan pribadi di luar pekerjaan mereka.

Dengan mengadopsi langkah-langkah ini, Generasi ini dapat memulai perjalanan mereka menuju pencapaian aspirasi karier mereka dan meraih kesuksesan di industri yang diminati.

Di tengah dinamika dunia yang terus berubah, Generasi ini memiliki peranan penting yang tidak dapat diabaikan di pasar kerja.

Memahami apa yang Generasi ini cari dalam dunia kerja akan membantu perusahaan untuk beradaptasi dan menciptakan lingkungan kerja yang memenuhi harapan mereka.

Dengan saling memahami dan beradaptasi, kita dapat menciptakan peluang yang saling menguntungkan antara Generasi ini dan perusahaan.

Mari bersama-sama membangun masa depan yang cerah di dunia kerja yang dinamis ini.

Referensi:

Kenali 8 Karakteristik Gen Z di Dunia Kerja, Utamakan Kebahagiaan!
https://karirlab.co/article/kenali-8-karakteristik-gen-z-di-dunia-kerja-utamakan-kebahagiaan

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/30/085635120/5-hal-yang-dicari-generasi-z-dalam-pekerjaan-tidak-melulu-uang?page=all&lgn_method=google

Ternyata Ini Alasan Gen Z dan Milenial Bisa Betah di Tempat Kerjanya
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/04/20/ternyata-ini-alasan-gen-z-dan-milenial-bisa-betah-di-tempat-kerjanya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *