3 Faktor Kenapa Lagu Dewa 19 Banyak Digemari Oleh Milenial dan Gen Z

Reynal Prasetya
3 Faktor Kenapa Lagu Dewa 19 Banyak Digemari Oleh Milenial dan Gen Z
3 Faktor Kenapa Lagu Dewa 19 Banyak Digemari Oleh Milenial dan Gen Z (Foto: Instagram/Dewa 19)

Berikut ini 3 Faktor Kenapa Lagu Dewa 19 Banyak Digemari Oleh Milenial dan Gen Z. Bukan hal yang mudah bagi sebuah band agar bisa terus eksis dan karyanya dinikmati banyak orang. Realitanya banyak band yang berumur pendek dan hanya ngetop sesaat setelahnya tenggelam karena banyak pesaing atau band pendatang baru yang pamornya lebih kuat.

Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi Dewa 19. Buktinya band yang berdiri  tahun 1992 itu masih menghibur walaupun dalam perjalanannya sempat beberapa kali ada pergantian personel terutama pada posisi Vokalis.

Menariknya, meski Dewa 19 ini tergolong band tahun 90an ternyata banyak milenial dan juga gen Z sangat menyukai dan menggemari band asal Surabaya tersebut. Padahal banyak juga band tahun 90an yang lain. Tapi mengapa hanya lagu-lagu Dewa 19 yang di sukai oleh remaja masa kini?

Setidaknya ada 3 faktor yang menyebabkan mengapa lagu-lagu Dewa 19 masih digemari oleh kaum Milenial dan remaja masa kini.

1.Lirik Lagu Puitis dan Filosofis yang Sarat Makna 

Banyak lagu-lagu Dewa 19 menyihir pendengarnya. Sebut saja lagu-lagu seperti Kirana, Restoe Boemi, Laskar Cinta, Roman Picisan, Aspirasi Putih, Pupus, Risalah Hati yang memiliki lirik dengan kalimat sastra tinggi. Disitulah salah satu kekuatan dari lagu Dewa 19 yang karya-karyanya bisa diterima oleh milenial dan remaja masa kini.

Kemampuan Dewa 19 dalam menciptakan lirik lagu yang puitis dengan makna mendalam diakui juga oleh Najwa Shihab. Shihab ternyata merupakan salah satu fans Band ini sejak masih SMA.

“Pokoknya setiap kali ada lagu Dewa yg muncul apalagi lagunya hits gitu, itu pasti terus suka dan jadi nempel. Gak tahu kenapa setiap kali denger lagunya cukup sekali dua kali, langsung nempel ya.” ungkap Najwa Shihab pada saat ditanya persepsinya tentang Dewa 19.

2.Lagu Dewa 19 Banyak Dinyanyikan di Cafe

Hal lain yang menyebabkan lagu Dewa 19 disukai oleh remaja sekarang adalah masih banyaknya penyanyi atau pun musisi yang menyanyikan lagu Dewa 19 di cafe. salah satu faktor mengapa lagu Dewa 19 terdengar familiar dikalangan anak muda.

Lagu “Kangen” dan “Pupus” adalah dua lagu yang nampaknya paling melekat dihati para kaum milenial. Tidak dapat dipungkiri lagu tersebut memang sudah Hits sejak dulu dan tak pernah absen dimainkan di berbagai festival musik dan panggung-panggung hiburan. Inilah yang menjadikan Dewa 19 terus di ingat di jagat musik Indonesia.

3. Banyak Orangtua yang Mengharuskan Anaknya Mendengarkan Lagu-lagu Dewa 19

Faktor ketiga ini ditemukan oleh Ahmad Dhani di lapangan. Fakta menarik ini menurut Dhani dikarenakan banyak orangtua  mengharuskan anaknya untuk mendengarkan dan menyukai Dewa 19. Alasan tersebut lah yang menyebabkan remaja tahun 2000-an banyak yang menggemari dan menyukai lagu-lagu Dewa 19.

Baca juga:

Home Concert by Naza Music School

10 Intelektual Properti (IP) Lokal yang Sukses Go Internasional

Suka atau tidak, Dewa 19 bisa dikatakan sebagai satu-satunya Band terbaik  yang ada di Indonesia. Ini bukan berdasar dari penilaian subjektif saya sebagai penulis. Namun berdasarkan data dan fakta yang ada.

Bisa dilihat dari keberhasilannya menjual 65.000 tiket konser secara online hanya dalam waktu 15 menit. Fakta lainnya konser band ini diadakan di stadion dengan kapasitas lebih dari 70.000 orang. Fakta terakhir, band ini mampu bertahan dan berkarya selama 30 tahun sudah lebih dari pembuktian bahwa Dewa 19 adalah band besar dalam sejarah blantika musik Indonesia.

Belum ada band di Indonesia yang bisa mengalahkan pamor Dewa 19 dengan segala torehan prestasi, karya, dan juga kontroversinya. Maka tak berlebihan kalau kita menyebut bahwa Dewa 19 adalah The Best Band in Indonesia.

“The Best Band in Indonesia ya Dewa lah, memang beda yah, kalau kata anak sekarang kalau di belakang panggung itu emang biasa tapi kalau udah bunyi opening tune itu, apa ya bisa bikin meleot gitu. Lagunya memang sangat kuat dan kita memang band yang bagus main di panggung.” Ari Lasso

Demikian 3 Faktor Kenapa Lagu Dewa 19 Banyak Digemari Oleh Milenial dan Gen Z.