5 Tempat Bersejarah di Bogor Bisa Dijadikan Tujuan Liburan

Erisa Vindia
Istana Bogor. Foto: Google Maps.

pat Kota Bogor tidak hanya dikenal memilki pesona alam yang menawan saja, banyak tempat menarik yang bisa kita kunjungi di Bogor seperti tempat bersejarah berupa museum dan sejenisnya. Berikut ini merupakan 5 Tempat Bersejarah di Bogor Bisa Dijadikan Tujuan Liburan di akhir pekan.

 

1. Prasasti Batu Tulis

Bagi wisatawan yang pernah melakukan liburan ke Bogor mungkin saja sudah tidak asing lagi dengan situs bersejarah bernama Prasasti Batu Tulis. Prasasti ini merupakan bukti peninggalan Kerajaan Pajajaran yang dibuat oleh Raja Surawisesa salah seorang penerus Kerajaan. Dibuatnya Prasasti ini guna mengenang Sri Baduga Maharaja atau lebih dikenal dengan nama Prabu Siliwangi.

Prasasti Batu Tulis. Foto: Googlemaps / Raynardth Pontoh

Di sana wisatawan akan menemukan batu tapak, batu lingga, meja batu, batu sandaran tahta, dan lima buah tonggak batu. Koleksi tersebut berhubungan erat dengan sejarah Kerajaan Pajajaran.

Masuk ke Prasasti Batu Tulis ini wisatawan tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Kita bisa mengunjunginya di Jalan Batu Tulis No.54, RT.02/RW.02, Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat 16133.

 

2. Makam Raden Saleh

Raden Saleh merupakan salah satu tokoh yang cukup terkenal terutama bagi para pecinta seni .Tidak hanya sebagai pelukis, Raden Saleh merupakan salah satu tokoh penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bahkan kewalian Raden Saleh dikenal sebagai Sayyid atau Zuriyah Nabi Muhamad SAW.

Makam Raden Saleh. Foto: Googlemaps / Anika putri

Tak heran, banyak orang yang ingin mampir ke makan Raden Saleh ini untuk berziarah. Seperti yang kita tau, Makam Raden Saleh ini bisa kita temukan di Jalan Pahlawan No.60, RT.02/RW.06, Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat 16132.

 

 

Vihara Mahacetya Dhanagun. Foto: Googlemaps / Raynardth Pontoh

3. Vihara Mahacetya Danagun

Tempat ini dijadikan sebagai cagar budaya dan merupakan tempat beribadah masyarakat Tionghoa dengan aliran ketiga yakni Tao, Buddha, Konghucu.

Bangunan ini sudah ada sejak tiga abad silam dan menjadi Vihara paling tua di Bogor.Alih-alih memiliki patung naga pada bagian Vihara. Tempat ini justru dilambangkan dengan simbol Macan yang menjadi identitas Kerajaan Pajajaran.

Di vihara ini juga wisatawan bisa melihat beberapa festival salah satunya ketika hari Imlek tiba. Wisatawan bisa menemukan tempat ini di RT.03/RW.07, Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16126.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Bogor Murah Dan Enak

 

4. Gereja Zebaoth

Gereja Zebaoth dibangun pada tahun 1920 dan menjadi gereja tertua yang ada di Indonesia. Berada di kawasan Kebun Raya Bogor, membuat Gereja Zebaoth ini cukup menarik perhatian para wisatawan.Salah satu ornamen yang cukup mencolok di Gereja Zebaoth ini yaitu adanya ornamen gambar ayam di atap puncak gereja.

Lalu di batunya terukir petikan

“Zend Uw Licht en Uw Waarheid Dat Die Mij Leiden Dat Zij Mij Brengen Tot Den Berg Uwer Heiligheid En Tot Uw Woningen

Yang memiliki arti “Suruhlah terang-Mu dan kesetiaan-Mu datang, supaya aku dituntun dan dibawa ke gunung-Mu yang kudus dan ke tempat kediaman-Mu!”.

Gereja Zebaoth. Foto: Googlemaps / Tulus Memberitakan

Menariknya lagi, Gereja Zebaoth juga memiliki terowongan yang bisa menembus Istana Bogor. Penjelajah umum bisa membidik spot foto di sudut Gereja Zebaoth. Kita bisa mampir ke Gereja Zebaoth yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No.3, RT.04/RW.01, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122.

 

5. Istana Bogor

Setiap orang yang pernah berlibur ke Kota Bogor tentu pernah melihat salah satu ikon Kota Hujan ini yakni Istana Bogor.Selain dijadikan sebagai tempat ketatanegaraan, Istana Bogor juga memiliki sejarah yang panjang dan dijadikan sebagai destinasi wisata.

Istana Bogor ini memiliki desain instagenik dengan Hamparan hijau yang menyegarkan. Wisatawan bisa berburu spot foto kece di sekitar sana. Bahkan kita juga bisa menemukan rusa yang lucu. Karena berada di kawasan Kebun Raya Bogor, masuk ke sana kita akan dikenakan tarif sebesar Rp16.500 per orang. Wisatawan bisa liburan di Istana Bogor yang berada di Jalan Ir. H. Juanda, Paledang, Kota Bogor, Jawa Barat.

 

Demikian 5 Tempat Bersejarah di Bogor Bisa Dijadikan Tujuan Liburan. Tempat bersejarah ini tidak hanya menambah edukasi saja. Wisatawan juga dapat menemukan hal menarik dan dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi baik bersama teman maupun keluarga. Selain tidak memakan banyak biaya, datang ke sana juga sangat asyik.