Candi Yang Bisa Kita Sambangi di Jawa Tengah

Erisa Vindia
Candi Borobudur
Candi Borobudur (Foto: Googlemaps/Bang Jonny)

Berikut ini Candi Yang Bisa Kita Sambangi di Jawa Tengah. Jawa Tengah terkenal akan peninggalan-peninggalan zaman Hindu-Buddhanya, salah satunya berupa candi. Wisata candi yang ada di Jawa Tengah ini berhasil menarik perhatian para wisatawan baik lokal hingga turis asing.

Data Perpustakaan Nasional bahkan mencatat terdapat 18 kompleks candi di Jawa Tengah. Jumlah ini membuat Jawa Tengah menjadi provinsi dengan candi terbanyak di Indonesia. Candi tersebut menjadi saksi bisu di zaman kerajaan. Sebagian candi tersebut masih berdiri kokoh dan masih bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

1. Candi Borobudur

Siapa yang tidak tau dengan Candi Borobudur? Candi ini menjadi kuil Buddha terbesar di Indonesia yang memiliki luas sekitar 2500 meter persegi, dengan panjang 121,66 meter, lebar 121,38 meter, dan tinggi 35,40 meter.

Candi Borobudur, Jawa Tengah merupakan kuil Buddha terbesar di Indonesia (Foto: Googlemaps/Bang Jony)
Candi Borobudur, Jawa Tengah merupakan kuil Buddha terbesar di Indonesia (Foto: Googlemaps/Bang Jony)

Tidak hanya dijadikan salah satu keajaiban dunia, Candi Borobudur juga menjadi tempat yang menarik untuk keperluan wisata. Di sana, wisatawan akan menemukan tempat edukasi berupa Museum Borobudur, Museum Kapal Samudraraksa, dan Museum MURI.

Wisatawan juga wajib banget mampir ke Punthuk Setumbu yang berlokasi di bagian barat Candi Borobudur. Dari atas sana kita dapat menyaksikan langsung keindahan Jawa Tengah ketika matahari terbit dan tenggelam dari masing-masing ufuk.

Bahkan, di sekitar Candi Borobudur juga kita dapat menemukan beragam tempat kuliner lezat. Lokasi Candi Borobudur ini berada di Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553.

2. Candi Mendut

Candi Mendut adalah candi bercorak Buddha yang berlokasi di Jalan Mayor Kusen, Desa mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

<yoastmark class=

Setelah pembangunannya selama bertahun-tahun silam, candi ini pertama kali ditemukan kembali pada tahun 1836, di mana seluruh bangunan candi dapat ditemukan, kecuali bagian atapnya.

Dilansir dari laman Perpusnas, candi berbentuk segi empat ini memiliki tinggi bangunan seluruhnya 26,40 meter, yang berdiri di atas batur setinggi sekitar 2 meter.

Pada dinding kaki Candi Mendut dihiasi dengan 31 buah panel yang memuat berbagai relief cerita, pahatan bunga dan sulur-suluran yang indah.

Selain itu, pada tangga menuju selasar yang terletak di sisi barat, dihiasi dengan beberapa panil berpahat yang menggambarkan berbagai cerita yang mengandung ajaran Buddha. Kemudian di pintu masuk menuju ke ruangan dalam tubuh candi dilengkapi dengan bilik penampil dihiasi dengan relief Kuwera terpahat di dinding utara dan relief Hariti terpahat di dinding selatan.

Candi Mendut ini berlokasi di Jalan Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56501.

3. Candi Pawon

Tidak kalah menarik dari candi lainnya, Candi Pawon juga selalu dipadati para wisatawan menjelang hari libur panjang. Candi Pawon memiliki bentuk seperti bujur sangkar, dengan panjang sisi-sisinya 10 m, dan mempunyai tinggi 13,3 m.

Candi Pawon, Jawa Tengah (Foto: Googlemaps/Achmad N)
Candi Pawon,Jawa Tengah (Foto: Googlemaps/Achmad N)

Bagian kaki candi berupa batur setinggi 1,5 m. Pada kaki candi ini banyak dihiasi ornamen-ornamen, seperti bunga dan sulur-suluran. Bagian tubuh candi dihiasi arca-arca Bodhisattva, dan bagian atap candi dihiasi stupa.

Candi Pawon ini berlokasi di Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553.

4. Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan salah satu candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang bercorak agama Buddha. Berlokasi di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Candi Plaosan, peninggalan Kerajaan Mataram Kuno (Foto: Googlemaps/Dwi Sutariy)
Candi Plaosan, peninggalan Kerajaan Mataram Kuno (Foto: Googlemaps/Dwi Sutariy)

Kompleks Candi Plaosan terbagi menjadi dua bangunan utama, yaitu Candi Plaosan Lor pada sisi utara dan Candi Plaosan Kidul di sisi selatan. Oleh karena itu, Candi Plaosan disebut candi kembar, karena bentuk keduanya sangat mirip.

Candi Plaosan Lor memiliki pintu masuk di sebelah barat, dan di bagian tengah candi terdapat sebuah halaman yang diisi pendopo dengan tiga altar di setiap sisinya. Sedangkan Candi Plaosan Kidul, yang juga mempunyai halaman tengah, memiliki delapan candi kecil yang mengelilinginya.

Baca juga:Β Mengenal Sejarah Candi Borobudur, Destinasi Wisata Terbaik yang Dimiliki oleh Indonesia

5. Candi Prambanan

Selain Candi Borobudur, nama Candi Prambanan juga sudah sangat tersohor. Candi ini terletak di Jalan Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571.

<yoastmark class=

 

Candi Prambanan menjadi candi Hindu yang terbesar di Indonesia, memiliki bentuk persegi panjang, terdiri atas halaman luar dan tiga pelataran, yaitu Jaba (pelataran luar), Tengahan (pelataran tengah) dan Njeron (pelataran dalam).

Itulah rekomendasi Candi yang Bisa Kita Sambangi di Jawa Tengah yang tidak boleh wisatawan lewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *