Self Manage Concept: Eksekusi yang Tepat Gambaran Jati Diri yang Hebat

Achmad Zamrud Fuadi
Ilustrasi Self Manage Concept (freepik.com)
Ilustrasi Self Manage Concept (freepik.com)

Self Manage Concept: Eksekusi yang Tepat Gambaran Jati Diri yang Hebat – Setelah kemarin post mengenai bagaimana cara merencanakan manajemen diri, postingan dapat dilihat pada Self Manage Concept: Kelola Diri Sendiri untuk Hidup Lebih Berseri, maka step selanjutnya adalah bagaimana cara atau tips eksekusi planning yang tepat.

Keberhasilan dari sebuah manajemen diri bukan berhenti di perencanaan yang berkualitas, melainkan juga pelaksanaan yang berkualitas.

1. Membuat Schedule of Activity

Orang sukses adalah orang yang terbiasa melakukan kegiatan secara konsisten, teratur, dan terjadwal. Schedule of activity untuk memastikan planning yang telah dibuat berjalan secara kontinuitas. Misalnya, untuk mencapai sebuah kemenangan lomba karya tulis, kita pasti membuat penjadwalan kapan penentuan arah tulisan, latar belakang, metode penelitian, pembahasan, dan penutup itu selesai. Selain itu, kita harus menjadwalkan dan mengkomunikasikan untuk melakukan konsultasi kepada pembina supaya target revisi dan pengumpulan karya tulis tepat pada waktunya.

2. Kegiatan Pengendalian

Hal ini merupakan sebuah tindakan dalam rangka mengatasi risiko disertai dengan penetapan dan pelaksanaan prosedur untuk memastikan bahwa tindakan tersebut dijalankan secara efektif (Firman, Indrijawati, dan Darmawati, 2024: 4). Kegiatan pengendalian dilakukan dalam rangka memastikan schedule of activity berjalan sebagaimana yang telah direncanakan. Penyimpangan atas schedule of activity perlu segera dilakukan dibenahi agar tidak terlalu luas scope dampaknya.

3. Pemberlakuan Reward and Punishment

Reward and punishment sesekali perlu diberikan atas pencapaian maupun gagalnya terhadap suatu target. Reward atau penghargaan diberikan atas pencapaian suatu target sementara punishment diberikan atas gagalnya suatu target. Pemberian reward and punishment bertujuan untuk memberikan motivasi untuk mencapai suatu target dan memberikan ruang untuk “jeda” setelah perjuangan panjang dalam rangka mencapai suatu target.

Referensi

Firman, Indrijawati, dan Darmawati. 2024. “Analisis Pengendalian Internal Sistem Pengelolaan Aset Rumah Sakit Umum Daerah Nene Mallomo Kabupaten Sidenreng Rappang“. Jumabi: Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Bisnis Vol. 2 No. 1. Hal. 4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *