Oleh-Oleh Khas Jogja, Lezat dan Murah

Erisa Vindia
Bakpia Pathok (Foto: instagram.com/gagaldietlagii)
Bakpia Pathok (Foto: instagram.com/gagaldietlagii)

Yogyakarta relatif dikenal oleh semua wisatawan dari berbagai daerah. Di Yogyakarta ini tersaji begitu lengkap mulai dari wisata alamnya, wisata budaya, hingga aneka tempat kulineran. Bicara mengenai makanan, rasanya tidak lengkap jika melakukan liburan ke Yogyakarta tanpa membawa Oleh-Oleh Khas Jogja yang Lezat dan Murah.

Seperti yang kita tau, Jogja memiliki banyak makanan lezat dengan harga yang terjangkau. Ini dia ada beberapa makanan khas Jogja yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dengan rasanya yang lezat.

 

1 Bakpia Pathok

Popularitas Bakpia Pathok ini sudah tidak diragukan lagi. Meskipun saat ini mulai banyak kita temukan olahan bakpia yang lebih modern, Bakpia Pathok sama sekali tidak tergantikan. Makanan ini menjadi hal wajib yang harus kita beli ketika berada di Jogja.

Bakpia Pathok ini sudah ada sejak tahun 1948. Bahkan, menjadi ikon Yogyakarta selain dari gudeg dan Malioboro. Ciri khas Bakpia Pathok terletak pada teksturnya yang lembut serta cita rasanya yang pas.

Ada 25 varian rasa Bakpia Pathok yang bisa kita temukan mulai dari kumbu hitam, green tea, cokelat, nanas, ubi ungu, keju, durian, cappucino, dan masih banyak lagi. Bakpia tersebut terbagi menjadi dua yakni bakpia basah dan bakpia kering. Untuk harga satu box Bakpia Pathok ini ditaksir mulai dari Rp30.000 hingga Rp50.000 sesuai dengan varian rasa yang kita inginkan.

Wisatawan bisa menemukan Bakpia Pathok di Jalam Karel Sasuit Tubun No.504, Sanggrahan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132. Untuk jam bukanya mulai dari pukul 06:00 WIB sampai dengan pukul 23:30 WIB.

 

2 Bakpia Kukus Tugu Jogja

Setelah sukses dengan Bakpia Pathok, belakangan ini mulai viral salah satu jenis bakpia yang lebih kekinian yakni Bakpia Kukus Tugu Jogja. Bakpia Kukus Tugu Jogja ini didirkan pada bulan Juni 2017. Seketika saat pembukaannya, Bakpia Tugu Jogja ini ramai dikunjungi para wisatawan.

Bakpia Kukus (Foto instagram.com/dapur3_)
Bakpia Kukus Tugu Jogja (Foto instagram.com/dapur3_)

Bakpia Kukus Tugu Jogja ini diproduksi lebih modern dengan menggunakan mesin dan dikemas secara satuan agar kualitasnya terjaga. Beberapa varian rasa bakpia yang bisa kita temukan seperti cokelat, kacang ijo, keju, strawberry dan masih banyak lagi.

Selain bakpia, di sana juga terdapat bolu kukus dengan berbagai rasa seperti ketan pandan, susu, cokelat, dan lainnya. Harga bakpia kukusnya dibanderol mulai dari Rp23.500 sampai dengan Rp43.000 sesuai dengan ukuran. Untuk bolu kukusnya dibanderol dengan harga Rp30.000.

Wisatawan bisa menemukan Bakpia Kukus Tugu Jogja yang berlokasi di Kaliurang St KM.5,5 No.10A, Manggung, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284. Bakpia Kukus Tugu Jogja ini beroperasi mulai dari pukul 06:00 WIB sampai dengan pukul 22:00 WIB.

 

3 Cokelat Monggo

Meskipun tidak sepoluler bakpia, Cokelat Monggo juga menjadi makanan yang harus kita bawa pulang. Cokelat Monggo ini mulai berdiri pada tahun 2001 dan berkembang pada tahun 2005. Sejak tahun 2005, karena banyaknya peminat Cokelat Monggo, cokelat ini dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jogja.

Coklat Monggo (Foto instagram.com/pinkilicious78)
Chocolate Monggo (Foto instagram.com/pinkilicious78)

Cokelat Monggo ini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu tablets, biscuits, bars, bites, snacks, gift and souvenir, cooking chocolate, pralines, merchandise, kids product, dan custom product. Varian rasanya juga sangat beragam dan tentunya akan membuat wisatawan ketagihan. Harga Cokelat Monggo ditaksir mulai dari Rp35.000.

Wisatawan bisa menemukan Cokelat Monggo yang berada di Tirtodipuran St No.10, Mantrijeron, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143. Jam buka Cokelat Monggo ini mulai dari pukul 09:00 WIB sampai dengan pukul 22:00 WIB.

 

4 Yangko

Rekomendasi buah tangan khas Jogja berikutnya yaitu Yangko. Yangko ini merupakan. hidangan dari tepung ketan yang kemudian dibalut tepung gula sehingga menciptakan rasa yang manis serta gurih.

Yangko (Foto: instagram.com/jastip.bytys)
Yangko (Foto: instagram.com/jastip.bytys)

Yangko Pak Prapto merupakan salah satu Yangko legend yang sudah ada sejak tahun 1921 dan mulai populer pada tahun 1939. Bentuk dan ukuran Yangko yang ada di sana sangat bervariatif dengan harga mulai dari Rp8.000 hingga Rp10.000 setiap buah.

Yangko Pak Prapto ini buka setiap hari mulai dari pukul 08:00 WIB sampai dengan pukul 21:00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Pramuka No.82, Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163.

 

5 Geplak

Geplak juga termasuk salah satu oleh-oleh favorit yang banyak diminati oleh para wisatawan ketika sedang berlibur di Jogja. Seperti yang kita tau, makanan ini memiliki warna yang mencolok dan bervariasi sehingga cukup menarik perhatian para wisatawan.

Geplak ini terbuat dari parutan kelapa dan gula. Teksturnya luarnya sedikit keras tetapi lembut di dalam. Rasa Geplak yang manis dijamin akan membuat wisatawan ketagihan. Harganya dibanderol mulai dari Rp8.000.

Geplak (Foto: instagram.com/pesansajacom)
Geplak (Foto: instagram.com/pesansajacom)

Wisatawan bisa menemukan Geplak di salah satu kedai bernama Geplak Mbok Tumpuk yang berlokasi di Betis, Jalan KH. A Wahid Hasyim No.104, Taskombang, Palbapang, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55713. Kedai ini beroperasi mulai dari pukul 07:00 WIB sampai dengan pukul 20:00 WIB.

Itulah rekomendasi 5 oleh-oleh khas Yogyakarta yang wajib kita bawa pulang. Soal rasa tentunya tidak diragukan lagi. Apalagi harga oleh-oleh khas Jogja ini memiliki harga yang sangat terjangkau.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *