Manfaat Sarapan untuk Kesehatan: Bikin Panjang Umur!

Pentingnya sarapan membuat orang harus lebih tahu dampak dan manfaatnya. Semakin meningggalkan sarapan akan meningkatkan risiko penyakit.

Syauqy Haris
Manfaat Sarapan untuk Kesehatan
Manfaat Sarapan untuk Kesehatan (Foto: www.freepik.com)

Tidak semua orang memiliki kebiasaan dan kesamaan rutinitas setiap hari dan tidak semua orang tahu Manfaat Sarapan untuk Kesehatan. Akibat kesibukan yang mendera, seringkali orang harus terburu-buru melakukan kesibukan sampai harus meninggalkan rutinitas yang wajib dilakukan. Bagi sebagian besar masyarakat di dunia, sarapan pagi atau breakfast adalah kebiasaan yang melekat di keseharian pagi mereka.

Yang membedakannya hanyalah kebiasaan pada pukul berapa dan aktivitas apa yang mengiriringi sebelum atau sesudahnya. Perjalanan menuju kantor, jam kerja terlalu pagi, atau rutinitas rumah tangga yang menyita kerap kali membuat kita melupakan sarapan di pagi hari. Padahal sarapan pagi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

Sarapan pagi adalah kegiatan yang sudah seharusnya menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup sehat. Saat kita tidur, tubuh kita tetap aktif dalam proses perbaikan dan pemulihan. Setelah berjam-jam tanpa asupan makanan, sarapan pagi menjadi momen penting untuk memberi energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Selain memberikan manfaat langsung dalam kinerja fisik dan mental, penelitian telah menunjukkan bahwa kebiasaan sarapan pagi secara konsisten juga dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup dan bahkan memperpanjang umur. Berikut adalah beberapa manfaat sarapan pagi yang dapat membantu memperpanjang usia Anda:

 

1. Menyediakan Energi untuk Beraktivitas

Sarapan yang sehat mengandung berbagai nutrisi penting, seperti protein, serat, vitamin, dan mineral. Protein membantu membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh, sedangkan serat membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Nutrisi ini penting dalam menyediakan energi bagi tubuh kita. Ahli Gizi UGM, Dr. Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz., M.P,H., RD., menjelaskan mengapa sarapan penting untuk dilakukan. Salah satunya, sarapan menjadi sumber energi atau penyedia bahan bakar bagi tubuh untuk beraktivitas di siang hari.

Kalau habis tidur 8 jam tidak makan dan minum otomatis kadar glukosa dalam tubuh rendah. Jika tidak mengonsumsi makanan setelah bangun tidur makan akan lemas karena tidak akan bahan bakar yang masuk. – Ahli Gizi UGM

 

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Sarapan pagi dapat membantu mengatur nafsu makan sepanjang hari dan mencegah makan berlebihan di waktu berikutnya. Dengan memulai hari dengan sarapan yang kaya akan serat dan nutrisi, Anda akan merasa lebih kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan camilan berkalori tinggi. Menjaga berat badan ideal berhubungan erat dengan kesehatan jantung dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Dr. Mirza menambahkan bahwa mengungkan bahwa sarapan pagi adalah makanan yang tidak akan pernah disimpan dalam tubuh sebagai lemak karena digunakan untuk beraktivitas.

Dengan begitu, bagi orang yang ingin menjaga berat badan tidak perlu tidak melewatkan sarapan dan khawatir berat badan akan naik karena sarapan. Sebab, jika melewatkan sarapan menjadikan tingkat lapar menjadi lebih besar saat waktu makan siang dan sore. Asupan makanan saat makan siang dan sore menjadi lebih banyak sementara aktivitas cenderung berkurang atau tidak sepadat saat pagi hari sehingga akan menjadi simpanan lemak.- Ahli Gizi UGM

 

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Mengonsumsi sarapan pagi yang sehat dapat meningkatkan konsentrasi, memori, dan tingkat energi Anda. Akan terjadi penurunan kognitif apabila seseorang melewatkan sarapan. Sarapan akan berdampak positif pada produktivitas Anda sepanjang hari. Anda akan lebih fokus dalam melakukan pekerjaan dan menghindari gangguan karena kelaparan atau kelelahan.

Glukosa dari karbohidrat menjadi energi bagi otak. Dengan sarapan otomatis membuat otak berfungsi dengan baik dan bagi anak-anak atau pelajar membantu meningkatkan kecerdasan memori mata pelajaran yang didapat. – Ahli Gizi UGM

 

4. Menjaga suasana hati atau mood sebelum beraktivitas

Setelah mendapatkan tiga dampak buruk dari melewatkan sarapan pagi diatas, seseorang akan tidak bertenaga dan bersemangat dalam beraktivitas. Seseorang akan menjadi lesu dan mudah tersulut emosi. Kondisi yang baik dengan melakukan sarapan dapat menciptakan suasana diri dan perasaan dalam kondisi terbaik.

 Sebaliknya jika berada dalam kondisi lapar menjadikan otak lelah dan memengaruhi mood saat belajar atau beraktivitas menjadi lesu ataupun mudah emosi. – Ahli Gizi UGM

 

Rajin Sarapan dalam Jangka Panjang: Bikin Panjang Umur !

Dalam beberapa literatur, Ahli Gizi UGM menambahkan bahwa kebiasaan sarapan dapat berdampak baik dalam jangka panjang. Kebiasaan sarapan pagi dapat mencegah penyakit degenaratif atau penyakit yang timbul akibat pola hidup tidak sehat. beberapa diantaranya adalah :

  • Menghindari terkena penyakit Jantung Koroner
  • Menghindari risiko penyakit Kanker
  • Menghindari penyakit Demensia

Sarapan harus dipertahankan sebagai sebuah kebiasaan  dan juga diperbaiki karena dampaknya akan terasa dalam jangka panjang. Hal tersebut menjadian rentan terhadap masalah kesehatan yang berhubungan dengan penyakit tidak menular yang menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. -Ahli Gizi UGM

Meskipun penting untuk mengenali manfaat sarapan pagi dalam memperpanjang umur, tidak kalah pentingnya untuk memastikan bahwa sarapan tersebut sehat dan seimbang. Hindari makanan yang tinggi gula, lemak jenuh, dan garam berlebih, dan pilihlah makanan dengan kandungan serat, protein, vitamin, dan mineral yang tinggi. Dengan mengintegrasikan sarapan pagi yang sehat dan bernutrisi ke dalam rutinitas harian Anda, Anda dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan dan meningkatkan potensi untuk hidup lebih lama dan lebih sehat.

Ingatlah bahwa sarapan pagi hanyalah satu bagian dari gaya hidup sehat secara keseluruhan, jadi pastikan untuk mengimbanginya dengan olahraga teratur dan kebiasaan hidup lain yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sumber:
Pakar UGM Tekankan Pentingnya Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh, Berita Resmi Universitas Gadjah Mada, 24 Februari 2022 diakses di laman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *