Kuliner Khas Pemalang Yang Wajib di Coba

Erisa Vindia
Kuliner
Ilustrasi Kuliner (Foto: www.freepik.com)

Pemalang terletak di antara Tegal dan Pekalongan. Di Pemalang ini kita akan menemukan banyak kuliner khas yang lezat dan tidak bisa ditemukan di daerah lain. Memang, Pemalang tidak sepopuler daerah lainnya. Namun karena Tegal dan Pekalongan mengapit kota ini, membuatnya memiliki keunikan tersendiri entah dari segi rasa maupun tampilan. Berikut ini Kuliner Khas Pemalang Yang Wajib di Coba ketika sedang berlibur di sana.

 

1. Nasi Grombyang

Nasi Grombyang merupakan salah satu makanan Pemalang yang melegenda. Makanan ini sudah ada sejak tahun 1960-an dan menjadi makanan favorit masyarakat Pemalang. Nasi Grombyang ini berisi nasi, irisan daging kerbau, serta kuah yang sangat nikmat.

Diberi nama nasi grombyang lantaran makanan tersebut memiliki banyak kuah. Atau dalam bahasa Jawa-nya grombyang-grombyang. Karena termasuk makanan populer di Pemalang, nasi grombyang ini selalu saja laris manis.

Nasi Grombyang
Nasi Grombyang (Foto: Instagram.com/khuraimfatik)

Untuk satu porsi nasi grombyang sendiri ditaksir mulai dari Rp15.000. Wisatawan bisa menemukan nasi grombyang ini di Nasi Grombyang Pak Toli Khas Pemalang yang berlokasi di Jalan R.E. Martadinata No.107-111, Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52312.

 

2. Lontong Dekem

Sekilas Lontong Dekem mirip seperti lontong sayur. Hanya saja, bedanya Lontong Dekem ini dilengkapi dengan kerupuk mie. Pemberian nama tersebut yaitu karena proses pembuatannya yang di siram dengan kuah lalu dituangkan lagi, di siram dan dituangkan lagi, begitu seterusnya sampai lontong terendam atau disebut dekem.

Lontong Dekem ini memiliki beberapa isian seperti irisan lontong, kuah santan kuning, bawang goreng, serundeng kelapa, kerupuk, sate dan lainnya. Cita rasa yang diciptakan Lontong Dekem ini terbilang pedas dan gurih.

Lontong Dekem
Lontong Dekem (Foto: Instagram.com/explorepemalang)

Untuk harga satu porsi dibanderol Rp15.000 hingga Rp20.000. Kita bisa menemukannya di Lontong Dekam Pak Drajat yang berlokasi di Jalan Mochtar, Kebondalem, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52312.

 

3. Pecak Belut

Bagi para pecinta olahan Belut, wajib banget mencicipi menu populer Pemalang yakni Pecak Belut. Olahan Pecak Belut ini terbilang cukup unik. Belut akan digoreng lalu diulek bersama sambal terasi dan diguyur dengan santan.

Kuah yang dihidangkan pada Belut ini merupakan sayur daun pepaya, timun, dan juga tauge. Dengan sensasi rasanya yang menggiurkan ini tentu saja membuatnya banyak digemari. Hidangan ini memiliki cita rasa gurih dan penas yang sangat lezat.

Pecak Belut
Pecak Belut (Foto: Instagram.com/bandar.oedang)

Untuk satu porsi Pecak Belut sendiri ditaksir mulai dari Rp17.000 lengkap dengan satu porsi nasi panas. Wisatawan bisa menemukan hidangan ini di Pecak Belut Bu Niti yang berlokasi di Jalan Raya Tegal Mlati, Sekreo, Tegalmlati, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52362.

 

4. Sate Loso

Sate merupakan daging dengan ukuran kecil yang dibakar serta diberi bumbu sehingga menciptakan rasa yang sangat lezat. Namun setiap sate tentunya memilki karakteristiknya tersendiri. Begitu pula dengan sate loso. Sate loso ini merupakan hidangan daging sapi atau kerbau yang cara pengolahannya dibacem lebih dulu dan kemudian barulah dibakar. Itulah yang membuat sate loso ini memiliki rasa yang khas.

<yoastmark class=

Untuk satu porsi sate loso memiliki harga yang bervariatif yakni mulai dari Rp15.000 hingga Rp25.000. Kita bisa menemukannya di Sate Loso Pak No yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo No.327, Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52312.

 

5. Baso Galungan

Rekomendasi terakhir yaitu baso galungan. Para pecinta baso wajib banget merapat untuk mencicipi kelezatan baso galungan. Baso galungan sendiri merupakan hidangan baso dengan dilengkapi tulang.

Sebenarnya kita bisa menemukan baso galungan di beberapa kota besar lainnya. Hanya saja akan lebih mengesankan jika mencicipinya di Pemalang, salah satu pelopor baso galungan pertama.

Baso Balungan
Baso Balungan (Foto: Instagram.com/siomaybandungmangeno)

Untuk harga satu porsi baso galungan ini ditaksir mulai dari Rp12.000 hingga Rp17.000. Wisatawan bisa datang ke Bakso Galungan Kebon Pelem Sewaka yang berlokasi di Jalan Letjand Di Panjaitan, Karanglo, Sewaka, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52319.

Itulah rekomendasi makanan khas Pemalang yang bisa kita cicipi. Tidak hanya soal rasa saja, harga yang ditawarkan juga cukup murah. Wisatawan yang sedang atau akan liburan ke Pemalang bisa banget mampir ke beberapa tempat makan tersebut.

Baca juga:

Budidaya Komoditi Ini Terancam Punah, Kuliner Khas Sumbar Pun Terancam Kehilangan Cita Rasa

 

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *