5 Tempat Wisata Edukasi Bandung yang Wajib Dikunjungi

Abdul Rouf
Saung Anklung Udjo
Saung Anklung Udjo

Berikut 5 Tempat Wisata Edukasi Bandung yang Wajib Dikunjungi. Kota Bandung terkenal dengan julukan Paris Van Java, banyak bangunan yang bergaya seperti Paris. Maka dari itu, tak sedikit orang yang berkunjung ke tempat wisata edukasi yang ada di Bandung.

Bandung memiliki banyak jenis wisata yang unik untuk dikunjungi bersama keluarga mulai dari wisata pantai, wisata alam, hingga wisata edukasi.

Selain berwisata ke pantai atau tempat hiburan lainnya, ada tempat wisata edukasi di Bandung yang bisa dikunjungi bersama keluarga untuk belajar hal baru.

Jika tertarik ingin berkunjung ke Bandung, beberapa tempat wisata edukasi di Bandung ini wajib dikunjungi bersama keluarga.

1. The Lodge Maribaya

<yoastmark class=

The Lodge Maribaya adalah tempat wisata edukasi pertama yang harus dikunjungi bersama keluarga. Wisata ini mempunyai pemandangan alam yang indah.

Selain itu, wisata edukasi di The Lodge Maribaya juga menyuguhkan berbagai wahana menarik dengan spot foto yang indah dan instragamable.

Berbagai wahana seru dapat dilakukan bersama keluarga seperti Balon Udara, Zip Bike, Gantole, dan lain sebagainya.

Para wisatawan juga bisa belajar hal baru yang berkaitan dengan alam. Ada juga berbagai kuliner khas Bandung yang dapat dinikmati bersama keluarga.

The Lodge Maribaya berada di Jalan Maribaya no. 149/252, RT. 03 / RW. 15, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang, Bandung Barat.

Harga tiket untuk masuk ke The Lodge Maribaya adalah Rp 20.000 ribu per orang (senin-jumat), Rp 25.000 ribu per orang (sabtu dan minggu), dan Rp 35.000 ribu (hari libur nasional). Harga tersebut belum termasuk tiket bermain di tiap wahana.

Baca juga: Moxy Hotel Bandung: Hotelnya Anak Milenial

2. Tebing Keraton

Tebing Keraton
Tebing Keraton (Google Maps/Muhammad Yana Mulyana)

Tempat wisata edukasi selanjutnya adalah Tebing Keraton. Wisata ini pernah viral di media sosial beberapa tahun lalu.

Tebing Keraton merupakan wisata edukasi yang menyajikan pemandangan alam menakjubkan. Banyak spot foto menarik yang dapat digunakan.

Selain pemandangan alam yang indah, Tebing Keraton juga menjadi tempat wisata edukasi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Tempat wisata Tebing Keraton memiliki pemandangan indah saat sunrise maupun sunset. Daya tarik selanjutnya adalah pemandangan hamparan hutan dan perbukitan yang berkabut kerap dijadikan spot foto instagramable bagi wisatawan.

Tebing Keraton berada di Desa Ciburial, Dago, Kabupaten Bandung Utara. Harga tiket untuk masuk wisata edukasi ini sebesar Rp 11.000 ribu per orang.

3. Kawah Putih

<yoastmark class=

Kawah Putih menjadi rekomendasi wisata edukasi selanjutnya di Bandung. Tempat wisata ini terkenal dengan airnya yang berwarna putih.

Diketahui, warna putih pada kawah ini berasal dari unsur di dalam tanah yang bercampur dengan belerang. Banyak wisatawan yang berkunjung karena pemandangannya yang unik.

Tempat wisata edukasi Kawah Putih ini berada di kawasan pegunungan dengan suhu yang dingin. Selain memiliki pemandangan indah, wisatawan juga bisa belajar tentang sejarah terbentuknya Kawah Putih.

Kawah Putih berada di Kelurahan Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Harga tiket untuk masuk wisata edukasi ini adalah Rp 25.000 ribu.

Bagi wisatawan asing, harga tiketnya adalah Rp 75.000 ribu. Selain itu, jika datang dengan rombongan maka tarifnya adalah Rp 150.000 per mobil.

4. Dusun Bambu Lembang

<yoastmark class=

Dusun Bambu Lembang sangat cocok jika ingin mengajak keluarga berwisata di Bandung. Tempat wisata edukasi ini memilki pemandangan indah dan udara yang sejuk.

Tempat wisata edukasi ini menyajikan pemandangan pegunungan burangrang yang indah dan menawan. Selain itu, wisata ini didirikan untuk menjadi sarana edukasi tentang budaya tradisional bagi wisatawan.

Dusun Bambu Lembang adalah tempat wisata edukasi yang mengusung konsep 6E (Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Etika, Estetika).

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Dusun Bambu Lembang saat akhir pekan atau tahun baru. Tempat wisata edukasi ini berada di Jl. Kolonel Masturi No.KM, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Harga tiket untuk masuk wisata edukasi ini sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000 ribu per orang.

5. Saung Angklung Udjo

Saung Anklung Udjo
Saung Anklung Udjo (Instagram/@angklungudjo)

Terakhir adalah Saung Angklung Udjo, tempat wisata edukasi ini cocok bagi wisatawan yang penasaran dan ingin belajar tentang angklung.

Saung Angklung Udjo adalah tempat wisata edukasi yang melestarikan dan mengembangkan budaya Sunda khusunya angklung kepada wisatawan.

Wisatawan akan diperkenalkan dengan musik tradisional ini dan diajak ikut melestarikan budaya Indonesia. Berbagai pertunjukan menarik seperti wayang golek, seni tari tradisional, hingga angklung orkestra dapat dinikmati wisatawan.

Saung Angklung Udjo berada di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Harga tiket untuk masuk ke tempat wisata edukasi ini sekitar Rp 85.000 ribu per orang.

Demikian informasi tentang tempat wisata edukasi di Bandung yang wajib dikunjungi bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *