7 Tips Hadapi Cuaca Panas Ekstrem

Ressy Octaviani
Ilustrasi Cuaca Panas Ekstrem (Foto: freepik.com)
Ilustrasi Cuaca Panas Ekstrem (Foto: freepik.com)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi cuaca panas ekstrem akan mendominasi pada awal Mei 2024 ini. Suhu panas yang dirasakan di sejumlah daerah di Indonesia, tentu dapat menjadi masalah serius bagi banyak orang. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memiliki tips dalam menghadapi cuaca panas ekstrem agar tetap sehat dan aman.

Berikut Tips Menghadapi Cuaca Panas Ekstrem, antara lain :

1. Minum Banyak Air

Saat cuaca panas, tubuh manusia cenderung kehilangan banyak cairan melalui keringat. Konsumsi air putih adalah hal paling penting dalam menghadapi cuaca panas. Pastikan bahwa kita terhidrasi dengan baik, lebih baik hindari minuman berkafein dan beralkohol karena akan membuat dehidrasi. Minumlah air lebih sering dari biasanya, dan jangan menunggu sampai merasa haus.

Menjaga asupan cairan dapat membantu mempertahankan suhu tubuh normal dan terhindar dari dehidrasi, dan mencegah kondisi serius seperti Heat Stroke. 

2. Hindari Paparan Langsung Matahari

Hindari aktivitas fisik yang intens di luar ruangan selama puncak suhu panas di siang hari. Jika memungkinkan, rencanakan aktivitas tersebut pada pagi atau sore hari ketika cuaca lebih sejuk. Jika waktunya tidak bisa diganti, usahakan untuk menggunakan pelindung seperti topi atau payung.

3. Menggunakan Tabir Surya

Tabir surya atau lebih dikenal dengan istilah sunscreen, menjadi sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari gaya hidup masa kini. Tabir surya adalah produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari yang dapat merusak kulit.

Pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi dan mengaplikasikannya secara teratur.

4. Memilih Pakaian yang Tepat

Dalam menghadapi cuaca panas ekstrem, pemilihan pakaian sangat berpengaruh pada kenyamanan dan kesehatan kulit kita. Pilihlah pakaian yang longgar dan berwarna terang, dan terbuat dari bahan yang memudahkan kulit untuk bernafas dan mudah menyerap keringat.

Hindari pakaian yang ketat dan berwarna gelap dapat mencegah overheat dan dehidrasi, serta menghidari suhu panas terendap dalam tubuh.

5. Membawa Kipas Angin Portable

Saat berada di dalam ruangan, penggunaan AC dan kipas angin sangat penting untuk kenyamanan selama cuaca panas berlangsung. Jika berada di luar ruangan, atau angkutan umum tanpa AC, pastikan untuk membawa kipas angin portable kemana pun saat bepergian.

Jika tidak punya, luangkan waktu masuk ke dalam minimarket ber-AC untuk menikmati kenyamanan dan membuat suhu tubuh kembali normal.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Pada saat cuaca panas, penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan segar, serta kaya akan kandungan air. Buah dan sayuran merupakan makanan yang tidak dapat dipisahkan dari pola hidup sehat manusia, dan pilihan terbaik saat cuaca panas.

Selain menyegarkan, konsumsi buah dan sayuran dapat membantu menjaga hidrasi tubuh serta memberikan energi yang dibutuhkan tanpa membebani sistem pencernaan. Hindari makanan berat dan berlemak, karena dapat membuat tubuh terasa lebih panas.

7. Istirahat yang Cukup

Saat cuaca panas, tubuh manusia cenderung lebih mudah lelah. Penting bagi kita untuk istirahat yang cukup dan teratur, agar tubuh tetap sehat dan segar.

Dengan mengikuti tips di atas, kita dapat menghadapi cuaca panas ekstrem dengan lebih baik, tetap sehat dan aman. Ingat untuk selalu memperhatikan kondisi tubuh dan segera mencari bantuan medis saat tubuh merasa tidak enak. Semoga tips ini bermanfaat bagi kita semua dalam menghadapi cuaca panas ekstrem saat ini.

 

Referensi

https://www.bmkg.go.id/press-release/?p=analisis-suhu-panas-dan-potensi-cuaca-signifikan-di-sebagian-wilayah-indonesia-sepekan-ke-depan&tag=&lang=ID

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20230425/3842822/berikut-tips-menghadapi-cuaca-panas-tak-biasa/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *