5 Tempat Wisata Sragen: Wisata Alam Hingga Wisatawan Edukas

Waduk Kedungombo
Waduk Kedungombo (Foto via Instagram.com/infosumberlawang)

Berikut ini merupakan 5 Tempat Wisata Sragen: Wisata Alam Hingga Wisatawan Edukas. Mengutip dari situs Wikipedia, Kabupaten Sragen diresmikan pada tanggal 18 Maret 1950. Meskipun begitu, Kabupaten Sragen ini sudah ada jauh sebelum kemerdekaan Indonesia.

Kabupaten Sragen sendiri memiliki luas sekitar 940 km persegi. Wilayahnya memang tidak terlalu luas, namun di Kabupaten Sragen ini punya daya pikat dari alamnya yang masih asri.

Kesejukan sekitar dan pesona keindahan Sragen menciptakan berbagai destinasi wisata. Berikut ini beberapa destinasi wisata Sragen yang bisa dikunjungi mulai dari wisata edukasi, budaya, hingga alam.

 

1. Museum Pra Sejarah Sangiran

<yoastmark class=

Museum Pra Sejarah Sangiran merupakan museum arkeologi yang menjadi salah satu situs warisan dunia. Ketetapan tersebut dibuat oleh UNESCO pada tanggal 6 Desember 1996.

Museum ini memiliki luas sekitar 16.675 meter persegi. Museum Sangiran dijadikan sebagai museum dengan koleksi manusia purba terlengkap se-Asia. Ada 65 persen fosil hominid purba di Indonesia dan 50 persen di dunia.

Beberapa koleksi yang bisa kita temukan di sana seperti fosil manusia purba Homo Sapiens, binatang bertulang belakang, binatang laut serta air tawar, berbagai jenis artefak batu, dan batuan.
Harga tiket masuknya ditaksir sebesar Rp8.000 untuk wisatawan lokal dan Rp15.000 untuk wisatawan asing.

Lokasinya berada di Kebayanan I, Ngebung, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57275.

 

2. Waduk Kedungombo

Waduk Kedungombo (Foto: via Instagram.com/infosumberlawang)
Waduk Kedungombo (Foto: via Instagram.com/infosumberlawang)

Wadung Kedungombo bisa wisatawan temui di perbatasan antara tiga kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Grobogan, Sragen dan Boyolali.

Kawasan Waduk Kedungombo ini punya luas sekitar 6.576 Ha dengan luas perairan sekitar 2.830 Ha dan dataran sekitar 3.746 Ha.

Waduk Kedungombo ini punya pemandangan yang eksotis dari airnya yang jernih serta pemandangan hijau yang menyegarkan. Selain itu, di sana juga terdapat aktivitas memutari bendungan dengan perahu motor yang dijamin asyik.

Ditambah lagi, Waduk Kedungombo juga punya area bermain yang cukup luas sehingga wisatawan bisa melakukan piknik di sana. Ada berbagai warung makan yang menyediakan hidangan laut di sekitar sana.

Bahkan wisatawan juga bisa mampir ke area pacuan kudanya. Rencananya Waduk Kedungombo ini juga akan ditambah dengan beberapa fasilitas seperti lapangan golf, kereta gantung, agrobisnis, dan masih banyak lagi.

Masuk ke sana wisatawan hanya perlu membayar tiket sebesar Rp15.000 per orang.

 

3. Wisata Batik Dewi Arum

Wisata Batik Dewi Arum (Foto: via Googlemaps/Ryco Respect)
Wisata Batik Dewi Arum (Foto: via Googlemaps/Ryco Respect)

Sragen juga punya wisata budaya berupa Wisata Batik Dewi Arum. Tempat ini selalu saja dipadati oleh para wisatawan baik lokal maupun turis asing.

Wisatawan akan merasakan sensasi liburan tidak biasa di Wisata Batik Dewi Arum ini.

Di Wisata Batik Dewi Arum ini wisatawan akan diberikan edukasi mengenai teknik-teknik membatik. Selain itu kita juga bisa belajar membedakan motif batik dari berbagai daerah dengan sangat mudah.

Wisatawan bisa mengunjunginya di rt 13, Area Sawah, Kliwonan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57282.

 

4. Gunung Kemukus

Gunung Kemukus (Foto: via Googlemaps/toni wae wes)
Gunung Kemukus (Foto: via Googlemaps/toni wae wes)

Bagi wisatawan yang memiliki hobi hiking maupun trekking, Gunung Kemukus menjadi rekomendasi yang wajib banget wisatawan kunjungi. Meskipun namanya gunung, Gunung Kemukus ini hanya berupa perbukitan. Namun ada sebuah kawah aktif yang bisa kita temukan di sana.

Pesona alam di sekitar Gunung Kemukus ini berhasil memanjakan para wisatawan. Sebagian wisatawan memanfaatkan tempatnya untuk berburu spot instagramable. Selain punya pemandangan yang menawan, di puncak Gunung Kemukus juga kita akan menemukan bangunan vihara tua yang tidak kalah menarik perhatian para wisatawan.

Masuk ke Gunung Kemukus ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang untuk anak-anak dan Rp6.000 untuk dewasa.

Lokasinya berada di Soko, Kebayanan II, Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57276.

 

5. Taman Dayu Alam Asri

Taman Dayu Alam Asri (Foto: via Googlemaps/Godho Wijoso)
Taman Dayu Alam Asri (Foto: via Googlemaps/Godho Wijoso)

Rekomendasi wisata Sragen yang terakhir yaitu Taman Dayu Alam Asri atau dikenal juga dengan nama Ndayu Park. Wisatawan bisa menemukan kolam renang sekaligus wahana air menyenangkan di dalam sana.

Selain it, ada pula atraksi menarik lainnya seperti sepeda gantung, becak mini, kebun binatang, outbound, fun game, agrowisata, taman bermain, restoran, dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuknya ditaksir sebesar Rp5.000 untuk anak-anak dan R10.000 untuk dewasa. Adapun tarif tambahan untuk mencoba wahana yang ada di sana ditaksir mulai dari Rp10.000.

Lokasinya berada di Gembong RT. 08/RW. 04, Saradan, Karangmalang, Gembong, Saradan, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57222.

Itulah rekomendasi tempat wisata Sragen menarik yang tidak boleh dilewatkan. Selain menyenangkan, berlibur ke sana juga tidak memakan banyak biaya.

Baca juga:Β 5 Tempat Wisata Edukasi Bandung yang Wajib Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *