Berbagi Pengalaman: Mengapa Media Digital?

Media Digital
Content Configuration Creativity Digital Media (sumber foto: www.freepik.com)

Selamat datang di Suara Kreatif, buat kalian yang memiliki keinginan untuk membuat media digital seperti Suara Kreatif yuk merapat.

Awal saya terinspirasi membuat Suara Kreatif dari seorang teman yang bernama Mas Sigit yang saat ini tengah sama-sama berjuang membesarkan media digitalnya yang di beri nama bekelsego.com

Saya merupakan salah satu manusia yang bisa di bilang memiliki literasi sangat rendah. Namun  saya berupaya melawan kelemahan tersebut dengan jalan berdamai dengan dunia literasi, yakni membangun website ini.

Awal Berdirinya Suara Kreatif

Website Suara Kreatif di buat tepatnya di Jakarta pada tanggal 10 Oktober 2022. Setelah beberapa bulan akhirnya  berhasil juga menghasilkan 30 artikel karya saya sendiri dan beberapa artikel dari kontributor.

Tanpa pikir panjang, saya nekat mendaftarkan website ke google AdSense. Alhamdulillah tidak disangka-sangka ternyata langsung memperoleh email balasan bahwa website telah di monetisasi pada November 2022.

Dalam mendaftarkan AdSense kalian tidak perlu khawatir, karena segala informasi dan langkah-langkah untuk mendaftarkan google AdSense dapat di pelajari melalui youtube.

Youtube banyak memberikan informasi bagaimana caranya untuk melakukan setting termasuk memasang iklan-iklan dalam website wordpress.

suarakreatif.com
suarakreatif.com

Perjuangan Setelah AdSense di Terima

Hal yang harus kalian lakukan setelah website di monetisasi dan memperoleh AdSense adalah fokus menulis dan menulis, promosikan website ke semua teman yang anda kenal, karena semakin banyak pembacanya maka semakin bagus di mata Mbah Google.

Google AdSense memberikan notif dan petunjuk yang sangat detil dan mudah di pahami. Selang dua minggu setelah mendaftarkan website ke google AdSense, saya diminta untuk melakukan verifikasi identitas.

Lagi-lagi jalan tercepat saya untuk menimba ilmu adalah membuka youtube. Dari situ saya memperoleh cara untuk melakukan verifikasi identitas KTP dan nomor hp. Waktu yang diperlukan untuk melakukan verifikasi kurang lebih 10 menit. Mungkin karena terlalu antusias meskipun sudah sangat hati-hati dalam input alamat, saya masih saja melakukan kecerobohan yakni lupa memasukan Rt/Rw rumah dan nomor hp.

Kurang lebih sebulan lamanya surat dari google AdSense tak kunjung tiba, hal ini disebabkan karena kecerobohan saya dalam mengisi data (lupa memasukan Rt/Rw rumah dan nomor hp). Akhirnya saya putuskan untuk melakukan peninjauan ulang pada laman google AdSense dengan melengkapi Rt/Rw pada alamat dan nomor hp.

 

Google AdSense
Google AdSense

Verifikasi Akun Google AdSense

Setelah menunggu seminggu lamanya, surat dari Google AdSense pun datang, saya segera memasukan nomor pin yang di kirim Google AdSense dan terverifikasilah 100% akun Google AdSense tepatnya Februari 2023.

Setelah akun telah terverifikasi, ternyata saya belum dapat menikmati penghasilan dari Google AdSense. So, kalian dapat menikmati hasil setelah nilai total AdSense mencapai batas minimal pembayaran sebesar Rp 1.300.000,00 (satu juta tiga ratus ribu rupiah).

Seiring waktu berjalan akhirnya saya diminta memverifikasi Nomor Rekening Tabungan untuk Google AdSense.

Intinya, sesulit apa pun prosesnya, saya meyakini bahwa akan selalu ada jalan. Suatu saat kelak saya berniat untuk mengembangkan media yang telah susah payah saya bangun ini. Harapan terbesarnya agar dapat membuka peluang usaha.

Mengelola Website dan Sosmed

Setelah melalui apa yang telah saya ceritakan di atas, dari sinilah kalian di tuntut untuk selalu berfikir kreatif dan inovatif, mengapa demikian? Karena kalian membutuhkan konten berita-berita menarik untuk menarik pembaca agar AdSenses anda menghasilkan uang.

Pada langkah ini kalian mulai memerlukan SDM untuk membantu mengelola website dan sosial media, karena sebuah media digital dituntut untuk menyajikan konten secara berkala.

Cari seseorang yang memiliki kemampuan membuat desain (dapat menggunakan aplikasi canva), selain itu minimal memiliki pengetahuan dasar-dasar menulis, ramah, teliti dan enak di ajak kerjasama. Jika dia memiliki banyak follower di sosmed itu merupakan bonus, mengapa? karena minimal dapat membantu dalam promosi website yang tengah kalian bangun.

Alhamdulillah saya memperoleh rekan yang dapat membantu dalam mengelola website dan media sosial Suara Kreatif, namanya Mbak Tia, selain gape membuat desain di instagram dia juga selalu mengikuti berita dan mau belajar.

 

Instagram Suara Kreatif
Instagram Suara Kreatif

Modal Pengembangan Media Digital

Sudah bukan rahasia umum, bahwa dalam membagun usaha/bisnis dibutuhkan modal. Biaya yang saya keluarkan untuk membangun Media Digital antara lain untuk membeli domain, hosting, membayar SDM, membayar kontributor penulis dan membuat merchandise untuk promosi.

Jangan pernah berharap di tahun pertama kalian memperoleh modal kembali, sebab seperti usaha/bisnis lainnya semua memerlukan proses untuk sampai pada tahap pencapaian sebuah keuntungan.

Suara Kreatif Tempat Belajar Bersama

Sesungguhnya membuat media digital merupakan jawaban atas keresahan terhadap apa yang saya alami dalam kehidupan sehari-hari.

Betapa miris ketika saya menyadari bahwa literasi di negeri ini sangat rendah, saya rasa kalian semua tau itu. Satu fakta di depan mata, saya mempunyai teman yang sangat alergi dengan dunia literasi.

Selalu ada saja komentar orang-orang sekeliling yang melontarkan kata-kata bernada nyinyir. Nggak percaya? Saya sendiri juga nggak percaya. Namun kenyataannya itu yang saya alami.

Saya menyadari bahwa membaca dan menulis merupakan suatu kebiasaan yang dapat menjadi kebiasaan.

Tentunya kebiasaan yang satu ini tidak dapat di bangun dalam sekejap. Bagi saya pribadi membiasakan diri untuk dapat konsisten menulis dan membaca tidak mudah, saya membutuhkan circle pertemanan yang dapat mensupport kebiasaan tersebut. Dulu ketika pandemi Covid 19 melanda, saya sempat masuk dalam komunitas menulis online.

Sejak awal Suara Kreatif berdiri saya fokus memperomosikan kepada orang-orang yang saya kenal untuk berkontribusi mengirimkan tulisannya, saya juga memberi fee tipis-tipis untuk para kontributor Suara Kreatif sebagai reward.

Memang tidak mudah mencari kontributor penulis, alasannya klise, mereka mengatakan bahwa tidak bisa atau kurang PD dengan tulisannya.

Menulis di Suara Kreatif jangan pernah takut salah, karena dalam media ini kita akan belajar dan tumbuh bersama. Kami menyukai jika tulisan tersebut hasil buah pikiran sendiri. Yang terpenting jika hasil tulisan merupakan kutipan karya orang lain jangan lupa untuk mencangtumkan sumber aselinya.

So, buat kalian yang mau mengirimkan hasil karya tulisannya silahkan kirim melalui email: suarakreatif.official@gmail.com

 

#BukaSuaraDiSuaraKreatif

 

 

 

 

Responses (2)

  1. Introducing VoxAI – Unleash the Power of AI-Generated Audiobooks!

    Create captivating audiobooks and more with VoxAI, the groundbreaking digital product that harnesses the power of AI and over 600 human-like voices. Turn your written content into immersive audio experiences and monetize your creations to earn passive income. Experience the future of audio creation with VoxAI today!

    Visit our website and unlock limitless possibilities with VoxAI now: https://warriorplus.com/o2/a/z036nw/0

  2. Hi there,

    We run an Instagram growth service, which increases your number of followers both safely and practically.

    – We guarantee to gain you 400-1000+ followers per month.
    – People follow you because they are interested in you, increasing likes, comments and interaction.
    – All actions are made manually by our team. We do not use any ‘bots’.

    The price is just $60 (USD) per month, and we can start immediately.

    If you’d like to see some of our previous work, let me know, and we can discuss it further.

    Kind Regards,
    Megan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *