Tragedi Abuse of Power dalam Lingkaran Pertemanan

admin
Abuse of power
Abuse of power

Abuse of power seringkali terjadi di tempat kerja, kampus, pertemanan, dsb. Hal ini adalah aksi yang tidak bisa diabaikan, karena dapat berdampak bagi orang lain dan sekitarnya. Abuse of power penyalahgunaan kekuasaan mengacu pada tindakan sewenang-wenang atau menggunakan kekuasaan secara tidak semestinya untuk tujuan pribadi atau kepentingan tertentu, bukan untuk tujuan yang seharusnya.

ilustrasi abuse of power (foto: freepik.com)
ilustrasi abuse of power (foto: freepik.com)

Berikut adalah sebuah cerita fiktif namun mungkin juga pernah terjadi, tentang penyalahgunaan kekuasaan (Abuse of power) di lingkaran pertemanan.

Kisah Persahabatan yang Dirusak Kekuasaan

Adit, Bimo, Candra, dan Doni adalah sahabat karib sejak SMA. Persahabatan mereka begitu erat hingga mereka semua kuliah di universitas yang sama. Namun, segalanya berubah ketika Adit menjadi ketua organisasi mahasiswa yang cukup berpengaruh di kampus.

Awalnya, Adit menggunakan kekuasaannya itu dengan baik, mengayomi anggota organisasinya dan memperjuangkan aspirasi mahasiswa. Tetapi lama kelamaan, kekuasaan itu membutakannya. Ia mulai menyalahgunakan otoritasnya untuk kepentingan pribadi.

Suatu hari, Bimo yang seharusnya menjadi wakil ketua organisasi tidak terpilih. Ia kalah dari kandidat lain yang direstui Adit. Bimo merasa Adit telah mengkhianatinya dengan mendukung kandidat tersebut karena alasan pribadi.

Persahabatan mereka mulai retak. Bimo curiga Adit menyingkirkannya agar tak ada yang menghalangi ambisi kekuasaannya. Sedangkan Adit merasa Bimo hanya iri dengan keberhasilannya memimpin organisasi.

Perpecahan ini membuat Candra dan Doni harus memilih di pihak mana mereka berdiri. Adit mengancam akan memecat Candra dari jabatannya di organisasi jika tak mendukungnya. Sementara Doni ditakut-takuti tak akan diangkat menjadi pengurus jika berpihak pada Bimo.

Terperangkap dalam hierarki kekuasaan, Candra dan Doni terpaksa berpura-pura setia pada Adit demi ambisi dan jabatan mereka. Persahabatan yang dulu erat kini berantakan akibat penyalahgunaan kekuasaan Adit demi kepentingan pribadinya semata.

Ironi inilah yang kerap terjadi saat seseorang menyalahgunakan kekuasaan di lingkaran pertemanan. Persahabatan yang seharusnya dilandasi kepercayaan dan ketulusan, justru dirusak oleh egosime, ambisi, dan dominasi kekuatan satu pihak atas pihak lainnya.

Contoh dan Dampak Abuse of Power

Berikut adalah beberapa contoh dari abuse of power.

  • orang yang memiliki kekuasaan terus mengancam rekannya bahwa mereka akan mendapatkan ganjaran yang tidak semestinya
  • mempermalukan rekannya di depan rekan lainnya
  • orang yang memiliki kekuasaan memperlakukan rekannya dengan buruk karena mood-nya sedang tidak bagus
  • memaksa orang lain untuk mengikuti peraturannya meski dirinya tidak melakukannya
  • mengintervensi serta mengganggu rekan terdekat atau karyawan lain dengan pertanyaan-pertanyaan
  • memaksa rekan-rekannya untuk melanggar peraturan

Mengingat abuse of power adalah tindakan yang menyerang sisi psikologis manusia, sangat memungkinkan jika kinerja seseorang menurun drastis. Adanya tekanan, tindasan, dan perlakuan tidak menyenangkan jelas bisa memengaruhi konsentrasi kerja mereka.

ilustrasi abuse of power (foto: freepik.com)
ilustrasi abuse of power (foto: freepik.com)

Ketika konsentrasi kerja terganggu, otomatis performa kerja ikut terpengaruh. Hal ini berdampak pada pencapaian yang bisa menimbulkan kerugian dalam skala besar.

Tindakan sewenang-wenang merupakan bentuk Abuse of power yang merugikan pihak lain secara tidak adil hanya karena masalah pribadi

Hal ini tentunya dapat menjadi pelajaran, bahwa penyalahgunaan kekuasaan merupakan tindakan yang tidak etis dan dapat memiliki konsekuensi hukum jika melanggar peraturan dan undang-undang. Sangat penting bagi pemangku kekuasaan untuk menggunakan wewenang secara bertanggung jawab dan adil.

Jika kalian mulai menyadari bahwa kalian terjebak dalam hubungan dengan seseorang yang memiliki “mental abuse” sebaiknya jaga hubungan baik dan pelan-pelan menjauh darinya.

Referensi:
https://www.ekrut.com/media/abuse-of-power

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *