Serunya Wara-Wiri di Dunia Fantasi

Erisa Vindia
Karakter Dufan (Foto: dari dunia fantasi)
Karakter Dufan (Foto: dari dunia fantasi)

Beberapa destinasi wisata populer yang bisa kita temukan di Jakarta seperti Taman Margasatwa Ragunan, Kota Tua Jakarta, dan Dunia Fantasi Ancol. Bicara mengenai Dunia Fantasi Ancol, wisata yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Wisatawan yang kebetulan sedang berlibur di Ibu Kota wajib banget merasakan ke seruan Dunia Fantasi.

Daya Tarik Dunia Fantasi

Siapa yang tidak tau salah satu destinasi wisata legendaris di Ibukota? Dunia Fantasi atau lebih populer dengan sebutan Dufan ini didirikan pada tanggal 29 Agustus 1985. Meskipun terbilang wisata lama, sampai saat ini Dufan masih saja nge-hits di kalangan para wisatawan.

Tidak hanya menjadi pusat hiburan outbound yang akan membuat liburan menyenangkan, Dufan juga menjadi kawasan edukasi wisata fisika terbesar di Indonesia.

Istana Boneka Dufan (Foto: Googlemaps/Shaun)
Istana Boneka Dufan (Foto: Googlemaps/Shaun)

Wisatawan akan dimanjakan oleh berbagai wahana berteknologi tinggi dan ketika berada di sana, kita seolah keliling dunia yang terbagi menjadi 9 wahana mulai dari kawasan Jakarta, Indonesia, Eropa, Asia, Yunani, Amerika, Hikayat, Kalila, dan hingga Fantasi Light.

Di Dufan ini wisatawan bisa menemukan wahana yang dapat memacu adrenalin seperti tornado, hysteria, kicir-kicir, halilintar, kora-kora, ombang-ombang, pontang-pontang dan masih banyak lagi. Ada pula wahana air yang tidak kalah seru seperti arung jeram, niagara-gara, dan lainnya.

Sementara untuk wahana anak ada istana boneka, ice age artic adventure, hello Kitty adventure, perang bintang, rumah miring, poci-poci, turangga rangga, dan lainnya. Menariknya lagi, wisatawan juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan sirkus hingga berburu spot foto di setiap sudut instagramablenya.

Dufan Spot Foto
Dufan Spot Foto (Foto: Googlemaps/Ibrahim Falqi)

Setelah puas mencoba berbagai wahana asyik yang ada di Dufan, wisatawan juga bisa mampir ke salah satu restoran di sana. Restoran tersebut menyediakan berbagai hidangan lokal hingga western yang akan membuat kita ketagihan. Beberapa diantaranya seperti soto ayam, nasi goreng, bakso, sate, kwetiau goreng, spaghetti, pizza, dan masih banyak lagi. Harga makanan tersebut ditaksir mulai dari Rp12.000.

Fasilitas lainnya yang ada di Dufan mulai dari pusat oleh-oleh, lahan parkir, gazebo, musala, toilet, pusat informasi, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Dufan

Untuk masuk ke Dufan ini, dikenakan tarif sebesar Rp350.000 untuk paket annual pas yang mana kita bisa mengakses semua fasilitas dengan leluasa.

Sementara ada tiket per wahana di mana tarif masuk per orangnya ditaksir sebesar Rp25.000 dan tarif per wahana mulai dari Rp30.000.

Ada pun karcis parkir kendaraan motor sebesar Rp20.000 dan mobil Rp25.000.
Wisatawan juga bisa melakukan pembelian tiket secara online melalui website resminya di www.ancol.com.

Lokasi Dufan

Kita bisa mampir ke Dufan yang berlokasi di Jalan Lodan Timur No.7, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430.

Jika wisatawan datang dari lokasi Jakarta Pusat, wisatawan bisa menempuhnya dengan waktu sekitar 19 menit perjalanan. Kita bisa melalui Jalan Medan Merdeka Timur menuju ke Jalan Gunung Sahari. Dari sana kemudian kita masuk ke Jalan Lodan Raya dan sampai di lokasi Dufan.

Jam Buka Dufan

Jam bukanya mulai dari pukul 10:00 s.d 18:00 WIB setiap hari Senin s.d Jumat dan mulai dari pukul 10:00 s.d 19:00 WIB setiap hari Sabtu dan Minggu. Dengan waktu operasional yang cukup panjang ini wisatawan bisa leluasa menghabiskan akhir pekannya di sana.

Akomodasi

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di sekitar Dufan, bisa mampir ke Mercure Convention Center Ancol yang berada di Jalan Pantai Indah, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430.

Jarak dari Mercure menuju ke Dufan sekitar 10 menit perjalanan. Kalian cukup merogoh kocek mulai dari Rp382.000 hingga Rp927.000 per malam sesuai dengan paket penginapan yang kita inginkan.

Wisatawan yang ingin mengajak keluarga liburan asyik sekaligus menambah banyak edukasi menarik, bisa mampir ke Dufan. Berlibur di Dufan seolah wisatawan bisa masuk ke sebuah dunia fantasi menakjubkan. Datang ke sana secara rombongan akan terasa lebih berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *