Modus Baru Pencurian SIM Card HP

Ambil SIM Card dengan SIM Card Ejector

SIM Card Ejector
SIM Card Ejector

Modus Baru Pencurian HP itu sih lagu lama, nah, sekarang yang bikin ajib adalah Modus Baru Pencurian SIM Card HP. Luarbiasa, banyak modus yang dilakukan oleh orang yang memiliki niat jahat, tapi jangan panik karena Suara Kreatif akan berbagi tips untuk hal yang satu ini.

Rupanya modus baru pencurian hp ini hanya menggunakan sebuah alat mini yang biasa di gunakan untuk mengeluarkan SIM card dari dalam HP, namnya SIM Card Ejector.

Kabar buruk terbaru menimpa wartawan senior, Ilham Bintang yang mengalami kerugian akibat kebobolan saldo rekening bank dengan modus pencurian kartu SIM Indosat. Pencurian kartu SIM dilakukan dengan cara menukar kartu SIM.

***

Lucunya, si pencuri terkadang hanya mengambil SIM Cardnya saja, karena dia lebih tertarik dengan data yang ada pada HP tersebut. Kok gitu? Karena hal ini dapat meminimalisir agar keberadaannya tidak terlacak.

SIM Card di masukan dalam HP lain
SIM Card di masukan dalam HP lain

Lalu bagaimana dia bekerja setelah mendapatkan SIM Card hasil curiannya? Yup, dia akan memasukan SIM Card tersebut kedalam hp lain untuk mengambil informasi OTP.

Untuk menghindari agar informasi yang berada pada SIM Card kita aman adalah mengatur kunci kartu SIM pada Android Samsung, oppo, realme, Asus dan semua tipe Android lainnya.

 

Baca juga:

6 Cara Mengamankan Akun Sosmed Agar Tidak Mudah di Hack

Mengungkap Wajah Gelap Media Sosial: Perangkap Penipuan di Dunia Maya

***

Ada beberapa manfaat dari mengatur PIN SIM atau memasang kunci pin pada kartu SIM, antara lain seperti mencegah kartu sim sobat agar tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak dapat diakses seperti ketika ponsel hilang atau dicuri, dan juga bisa bermanfaat untuk bypass frp pada android samsung Xiaomi Oppo dan lain-lain.

Kunci Kartu SIM dengan PIN
Kunci Kartu SIM dengan PIN

Setelah kunci kartu SIM atau kartu sim diaktifkan maka sobat harus memasukkannya setiap kali ponsel dihidupkan, hal ini juga dapat membuat masalah pada sebagian orang yang tidak ingin merepoting karena jika salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali maka harus memasukkan kode PUK untuk membuka kartu SIM tersebut, dan jika salah memasukkan kode PUK lebih dari 10 kali maka kartu sim akan rusak secara permanen.

***

Berikut adalah tutorialnya (kemungkinan cara ini berbeda di tiap HP) jadi tinggal disesuaikan saja:

– Pertama masuk pada pengaturan pada telepon

– kemudian klik keamanan

– klik opsi lanjutan

– klik kunci kartu SIM (geser tombol hingga berwarna hijau untuk mengaktifkan)

– lalu masuk saja ke pengaturan kunci kartu sim

– kemudian aktifkan kunci kartu SIM dan masukan PIN SIM yang sudah kalian siapkan dan tekan Ok. Kalau kalian pelupa sebaiknya catat PIn tersebut di tempat lain yang menurut kalian aman.

– selesai.

Hal lain yang dapat kita lakukan agar terhindar dari kejahatan di era digital adalah tidak sembarangan membagikan data pribadi. Khususnya yang berkaitan dengan data kredensial seperti nama lengkap, alamat, nomor ponsel, hingga nama ibu kandung.

Kartu SIM Aman Terkunci
Kartu SIM Aman Terkunci

Data di KTP, SIM, ijazah juga amant sangat tidak diperbolehkan untuk dibagikan di media sosial. Karena data-data ini dapat dimanfaatkan oleh penjahat untuk melakukan verifikasi untuk melakukan SIM Swap.

Semoga dengan cara ini data kita menjadi aman dari tangan-tangan jahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *